Bulog Kukuh Impor Daging Kerbau dari India di Tengah Wabah PMK

27 Juni 2022 20:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso, mengecek daging impor di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (14/4/2022). Foto: Galang/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso, mengecek daging impor di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (14/4/2022). Foto: Galang/kumparan
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas mengatakan tahun ini akan melakukan impor daging kerbau beku dari India sejumlah 100 ribu ton. Hingga saat ini, daging kerbau beku yang telah masuk ke Indonesia sebanyak 48.412 ton.
ADVERTISEMENT
"Yang lainnya menyusul. Untuk kebutuhan-kebutuhan ini karena ada PMK kami lakukan percepatan untuk kedatangan dagingnya namun tak mengabaikan standar yang harus dipenuhi," kata Buwas pada saat RDP Komisi IV DPR RI, Senin (27/6).
Inia merupakan salah satu negara yang belum bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun Buwas memastikan, pihaknya telah mengirimkan tim untuk meninjau langsung daging yang diimpor dari India tersebut. Dia pun menjamin daging tersebut tak terjangkit wabah PMK.
"Untuk melihat proses di sana dengan jaminannya kita tahu persis bahwa daging yang kita datangkan dari India ini clear dan bebas dari PMK," tegas Buwas.
Dia mengatakan, selain Indonesia, India juga mengimpor daging kerbau ke 70 negara lain. Di antaranya Malaysia, Vietnam, Hongkong, Mesir, Irak, Arab Saudi, FIlipina. hingga Argentina.
ADVERTISEMENT
Bulog mengatakan, sampai hari ini prosedur keamanan PMK terus dilakukan. Tak hanya dari negara asal daging impor tersebut, tapi juga prosedur karantina Kementerian Pertanian juga.
"Itu pun kita double-i dengan tes PCR daging itu, sehingga harus betul-betul daging ini aman," pungkas dia.