BUMN Siapkan 65.603 Kuota Mudik Gratis Lebaran 2023, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

15 Maret 2023 12:49
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sejumlah warga menunggu keberangkatan bus untuk mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah warga menunggu keberangkatan bus untuk mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO
Kementerian BUMN meluncurkan program mudik bersama BUMN untuk Lebaran 2023. Total ada 65.603 kursi yang disediakan 76 perusahaan negara.
Menteri BUMN Erick Thohir merinci, dari 65 ribu kursi, 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.
"Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," ujar Erick dalam sambutan virtual pada konferensi pers peluncuran program mudik gratis BUMN 2023 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3).
Erick menilai program mudik bersama juga sebagai langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik. Dengan program mudik bersama tersebut, menurut Erick dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.
"76 BUMN yang dipimpin PT Jasa Raharja saling berkolaborasi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat," ucap Erick.
Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, menjelaskan kuota mudik gratis itu meningkat apabila dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya berjumlah sekitar 40 ribu kuota. Peningkatan kuota mudik dilakukan karena jumlah pemudik pada tahun ini diprediksi akan meningkat.
"Kalau melihat prediksi dari Kementerian Perhubungan bahwa pemudik ini naik sampai dengan 123 juta dari 85 juta sebelumnya," kata Rivan.
Konferensi pers Jasa Raharja di Trans Hotel, Kota Bandung, terkait mudik, Rabu (15/3/3034). Rachmadi Rasyad/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Konferensi pers Jasa Raharja di Trans Hotel, Kota Bandung, terkait mudik, Rabu (15/3/3034). Rachmadi Rasyad/kumparan
Pendaftaran untuk mengikuti mudik gratis akan dibuka mulai 15 Maret 2023. Teknis pendaftaran dapat dilihat langsung pada kanal resmi dan media sosial Kementerian BUMN. Nantinya, melalui kanal dan media sosial itu, masyarakat dapat memilih moda transportasi yang akan dipakai untuk mudik.
"Setiap satu keluarga bisa mendaftarkan empat orang, mudah-mudahan ini bagus dan efektif," ucap dia.
Rivan menambahkan, pemberangkatan dapat dilakukan antara rentang waktu H-7 hingga H-3 Lebaran 2023. Dia pun berharap masyarakat yang hendak melakukan mudik memanfaatkan layanan dari BUMN agar meminimalisasi terjadinya kecelakaan. Masyarakat juga diimbau agar tak menggunakan sepeda motor apabila menempuh perjalanan jauh untuk mudik.
Sementara itu, terkait dengan titik keberangkatan, Rivan mengaku masih dalam tahap diskusi. Namun, kata dia, Stadion Gelora Bung Karno kemungkinan disiapkan untuk dijadikan titik kumpul keberangkatan para pemudik. Rencananya flag off pemberangkatan mudik Bersama BUMN tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 18 April dari Ring GBK.
"Tahap pertama memang masih diskusi, tapi kemarin ada beberapa, di Jakarta saya siapkan ada yang di GBK tetap karena sentral, memudahkan masyarakat," kata dia.