Bus Damri Kota Bandung Berhenti Operasi Berujung Petisi ke Jokowi

28 Oktober 2021 12:49
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bus Damri Kota Bandung Berhenti Operasi Berujung Petisi ke Jokowi (64227)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bus Damri di Bandung. Foto: Shutterstock
Kebijakan penghentian operasi bus Damri Kota Bandung berujung petisi terhadap Presiden Jokowi. Petisi yang diunggah Muhammad Ridwan Ihsan itu berisi permintaan agar Jokowi membatalkan kebijakan penghentian operasional bus Damri Kota Bandung.
ADVERTISEMENT
Dalam petisinya, Ridwan menyatakan keberadaan Damri Bandung ini masih sangat dibutuhkan. Ini lantaran bus ini menjadi moda transportasi andalan masyarakat sekaligus mengurangi tingkat kemacetan.
"Bahwa alasan kinerja keuangan bus kota Damri Bandung yang mengalami kerugian dan kesulitan biaya operasional, hendaknya menjadi perhatian dari Menteri BUMN Erick Thohir dan Komisi VI DPR RI untuk melakukan upaya pengawasan dan penyelamatan terhadap permasalah yang melanda Perusahaan Umum (Perum) Damri. Agar tidak menjalar ke seluruh cabang Damri di Indonesia sehingga dapat merugikan masyarakat sebagai konsumen setia bus Damri," tulis Ridwan dalam keterangan petisi itu, dikutip kumparan pada Kamis (28/10).
Hingga saat ini, petisi yang ditargetkan mendapatkan 1.500 dukungan tersebut sudah ditandatangani sebanyak 1.051 orang. Petisi ini diharapkan bisa jadi bahan pertimbangan untuk membatalkan rencana penghentian operasi.
ADVERTISEMENT
Berhenti beroperasinya bus Damri ini diketahui dari Surat Pengumuman Manajemen Damri Cabang Bandung Nomor 968 tahun 2021 tertanggal 27 Oktober 2021. Di mana surat ini berisi pemberitahuan seluruh layanan Damri Kota Bandung berhenti beroperasi per terhitung sejak hari ini.
Manajemen Perum Damri Akui 8 Rute Damri Bandung Sudah Disetop
Corporate Secretary Perum Damri, Sidik Pramono, membenarkan informasi tersebut. Dia merinci 8 rute bus kota Damri di Kota Bandung, yang operasinya dihentikan:
- Cicaheum-Cibeureum
- Ledeng-Leuwipanjang
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
- Dipatiukur-Leuwipanjang
- Elang-Jatinangor via Cibiru
- Dipatiukur-Jatinangor
- Kebon Kalapa-TJ Sari
- Cicaheum-Leuwipanjang
- Alun-Alun Bandung-Ciburuy
Secara keseluruhan, Damri memiliki 11 trayek di Kota Bandung. Sehingga terdapat tiga yang masih beroperasi yakni Jatinangor-Elang via Tol, Cibiru-Kebon Kelapa, Alun-alun-Kota Baru Parahyangan.
ADVERTISEMENT
***
Jangan lewatkan informasi seputar Festival UMKM 2021 kumparan dengan mengakses laman festivalumkm.com. Di sini kamu bisa mengakses informasi terkait rangkaian kemeriahan Festival UMKM 2021 kumparan, yang tentunya berguna bagi para calon dan pelaku UMKM.