kumparan
14 Juli 2019 20:35

Crane Ambruk, Bongkar Muat Peti Kemas di TPKS Tanjung Emas Terganggu

Kapal peti kemas menabrak container crane, Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah
Kapal peti kemas menabrak container crane di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa
Proses bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, terganggu akibat ambruknya satu unit crane atau alat bongkar muat peti kemas di pelabuhan tersebut.
ADVERTISEMENT
Corporate Communication PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, mengatakan crane ambruk setelah dermaga pelabuhan tersebut ditabrak kapal. Pihaknya kini sedang mengevakuasi dan investigasi kejadian tersebut.
"Saat ini sedang dilakukan investigasi dan evakuasi agar dalam waktu yang tidak lama kegiatan bongkar muat di TPKS kembali normal," kata Wilis kepada kumparan, Minggu (14/7).
Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Salah satu crane di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, ambruk setelah kapal MV Soul of Luck menabrak pelabuhan saat akan sandar.
Selain satu unit crane ambruk, dikabarkan juga seorang mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut. Belum diketahui penyebab Kapal MV Soul of Luck tersebut bisa menabrak dermaga Pelabuhan.
ADVERTISEMENT
Wilis mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan investigasi. Dia menjanjikan akan menyampaikan kronologi kejadian dan informasi secara lengkap pada Senin besok (15/7) setelah mengumpulkan data dari lokasi kejadian.
"Besok pagi saya rilis secara resmi biar terminal segera beroperasi," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan