kumparan
search-gray
Bisnis2 Maret 2018 19:59

Darmin Tepis Ramalan Krisis Bill Gates: Jangan Terlalu Risau

Konten Redaksi kumparan
Darmin Tepis Ramalan Krisis Bill Gates: Jangan Terlalu Risau (24889)
Ruang kontrol Teknologi Garis Gawang. (Foto: AFP/John MacDougall)
Perkembangan teknologi di dunia semakin pesat. Bahkan Penemu Microsoft, Bill Gates, menyebut krisis keuangan global seperti yang terjadi di tahun 2008 bisa muncul dalam waktu dekat, salah satunya karena faktor teknologi.
ADVERTISEMENT
Orang terkaya di dunia itu menjelaskan, salah satu penyebab krisis keuangan global adalah maraknya mata uang virtual atau cryptocurrency. Menurut dia, cryptocurrency yang memungkinkan penggunanya tak terlacak (anonim), bisa meningkatkan kejahatan pencucian uang dan penghindaran pajak.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menanggapi hal tersebut dengan santai. Menurut dia, kondisi perekonomian Indonesia masih sangat kuat untuk menghadapi tantangan global.
"Terlalu banyak orang yang bilang krisis, perang dunia aja banyak, jangan terlalu risau lah," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (2/3).
"Kita baik-baik saja. Jangan terlalu terpengaruh Bill Gates atau siapapun, itu prediksi sudah ada dari dulu," lanjutnya.
Darmin Tepis Ramalan Krisis Bill Gates: Jangan Terlalu Risau (24890)
Darmin Nasution. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo pernah menegaskan bahwa siklus krisis keuangan global seperti yang terjadi di 1998 dan 2008 tak akan terjadi pada tahun ini di Indonesia. Sebab kondisi ekonomi dalam negeri masih sangat baik.
ADVERTISEMENT
Namun demikian, bank sentral akan tetap mengantisipasi hal tersebut.
"Kami belajar dari krisis yang lalu tahun 2005-2008 itu ada, mini kirisis. Di Indonesia enggak sampai terjadi mini krisis itu padahal 2008 global financial crisis, Indonesia bisa lewati itu, sudah cukup persiapkan diri dan ambil pelajaran dari krisis 1997-1998," ujar Agus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white