kumparan
13 Februari 2020 11:56

DPR dan Pemerintah Setuju Bentuk Panja RUU Minerba

Ketua Komisi VII Sugeng Suparwanto
Ketua Komisi VII Sugeng Suparwanto. Foto: Moh Fajri/kumparan
DPR RI dan pemerintah akhirnya mengesahkan Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-undang Mineral dan Batu Bara (RUU Minerba). Panja tersebut resmi bekerja mulai hari ini.
ADVERTISEMENT
Pimpinan Sidang Rapat Kerja Komisi VII DPR Sugeng Suparwanto mengatakan, ketua dan anggota Panja terdiri atas 26 orang perwakilan DPR dan 60 orang perwakilan pemerintah.
"Dengan dibacakannya anggota Panja, maka Panja RUU Minerba dinyatakan dibentuk," kata Sugeng di Gedung Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (13/2).
Pengesahan rapat ini dihadiri oleh lintas kementerian dalam rapat kerja pagi ini di Komisi VII DPR RI. Mulai dari Menteri ESDM Arifin Tasrif, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan sejumlah pejabat lainnya yang terkait.
Kapal Tongkang Pengangkut Batu Bara di Sungai Musi
Kapal Tongkang Pengangkut Batu Bara di Sungai Musi Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sugeng mengatakan, dalam Panja tersebut, nantinya akan dibahas mengenai Daftar Isian Masalah (DIM) dari RUU Minerba yang sudah dibikin pemerintah. DIM tersebut telah diserahkan ke DPR sejak periode sebelumnya.
ADVERTISEMENT
"Dengan demikian kita jelas bahwa substansi yang disetujui dibahas dalam Panja RUU Minerba ada 703 DIM yang akan dibahas, sementara 235 DIM yang dianggap tetap oleh pemerintah maka langsung disetujui," ucapnya.
Pembahasan DIM tersebut akan segera dibahas pada Senin pekan depan. DPR menargetkan kerja Panja ini selesai pada Agustus tahun ini.
Pembahasan RUU Minerba sudah dilakukan sejak 2015 lalu tapi kunjung selesai hingga kini. RUU tersebut untuk menggantikan UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan