Dukung Pemulihan UMKM & Pariwisata, BI Gelar Jakarta Kreatif Festival

30 Agustus 2021 11:44
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dukung Pemulihan UMKM & Pariwisata, BI Gelar Jakarta Kreatif Festival (145738)
zoom-in-whitePerbesar
Perajin rajut yang juga pemilik UMKM WIn's Rajut Winarsih (kiri) mengamati pelanggannya melakukan transaksi secara QRIS di UMKM Win's Rajut, Pasuruan, Jawa Timur. Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) Jakarta akan mengadakan Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest). Acara ini akan berlangsung selama dua hari yaitu 30 dan 31 Agustus 2021.
ADVERTISEMENT
Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali sektor UMKM dari dampak pandemi COVID-19. Tidak hanya UMKM, festival ini juga dimaksudkan untuk mendukung pemulihan ekonomi kreatif, pariwisata, ekonomi syariah, serta memperkuat daya saing pelaku usaha melalui digitalisasi maupun UMKM Go Export.
“Kami ingin menyajikan informasi, story interaksi untuk para penggiat UMKM, untuk industri kreatif, untuk industri perfilman, untuk kopi nusantara, untuk wisata Jakarta, dunia fashion dan digitalisasi pembayaran,” ujar Onny dalam Opening Ceremony JaKreatiFest, Senin (30/8).
Dukung Pemulihan UMKM & Pariwisata, BI Gelar Jakarta Kreatif Festival (145739)
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko. Foto: Dok. Humas BI
Tidak hanya itu, Onny menjelaskan bahwa JaKreatiFest 2021 juga merupakan wajud dukungan Bank Indonesia terhadap program kampanye nasional yakni Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia. Sekaligus juga sebagai upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi Provinsi DKI Jakarta sebagai barometer pergerakan ekonomi nasional.
ADVERTISEMENT
“Jakreatifest bertujuan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, mendorong implementasi Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia,” ujarnya.
Adapun gelaran Jakreatifest 2021 kali ini mengusung tema "Memberdayakan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Kreatif, Inovatif dan Inspiratif di Era Digitalisasi Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional". Seluruh rangkaian acara akan berlangsung secara virtual melalui Zoom.
Event ini merupakan penggabungan dari berbagai kegiatan rutin tahunan yang telah diselenggarakan oleh KPw BI Provinsi DKI Jakarta sebelumnya seperti, Festival Kopi Nusantara (FKN), Festival Kreatif dan Seni Jakarta (FKSJ) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI).
Target peserta kegiatan adalah pelaku UMKM, petani kopi se-Indonesia, pelaku industri kopi di Jakarta dan sekitarnya, pelaku industri kreatif (game, film pendek, animasi), termasuk pondok pesantren.
ADVERTISEMENT
Onny menjelaskan, sebagai pre-eventkegiatan digelar sejumlah perlombaan untuk memeriahkan acara, yakni Lomba Latte Art, Lomba Video Nostalgia Pariwisata, dan Lomba Pamer Produk Unggulan Indonesia. Perlombaan tersebut terbuka untuk masyarakat umum di seluruh Indonesia.
Onny berharap Jakreatifest dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif untuk saling berinteraksi, bertukar pikiran serta mengasah kreativitas lewat berbagai kegiatan webinar, lokakarya serta perlombaan.
“Sehingga Jakreatifest bisa menjadi upaya kolaboratif untuk memperkuat UMKM dan memperluas akses pasar baik melalui digitalisasi ataupun UMKM go-export, serta mengembangkan ekonomi kreatif untuk mendorong sektor riil untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya.