Bisnis
·
13 Juni 2021 9:36
·
waktu baca 2 menit

Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo (395189)
searchPerbesar
Kepala BNPB Doni Monardo meninjau posko penyekatan larangan mudik Lebaran 2021 KM 31, Gerbang Tol Cikarang Barat 3, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/5). Foto: Dok. BNPB
Pensiun jadi menteri atau kepala lembaga tampaknya bukanlah akhir karier bagi sejumlah pejabat Presiden Jokowi. Selepas tak berkiprah lagi dalam pemerintahan, sederet pejabat Jokowi melenggang ke perusahaan BUMN sebagai dewan komisaris.
ADVERTISEMENT
Teranyar adalah Doni Monardo yang mengalami hal tersebut. Setelah pensiun sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ia kini diangkat jadi Komisaris Utama PT Inalum (Persero).
Doni bukan yang pertama, sebelumnya ada Wishnutama Kusubandio hingga Adrinof Chaniago yang telah lebih dulu masuk ke dalam perusahaan pelat merah. Berikut eks pejabat Jokowi yang kini jadi petinggi BUMN.

Doni Monardo

Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan perseroan yang diselenggarakan kemarin, Kamis (10/6).
Menurut Erick, mantan Kepala BNPB selalu mengedepankan dialog dan kolaborasi lintas stakeholder untuk mengatasi masalah dan mencapai kemajuan. Kepedulian dan kiprah Doni di bidang pemulihan lingkungan hidup juga dinilai menjadikannya figur yang dibutuhkan Inalum.
Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo (395190)
searchPerbesar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio pada Festival UMKM kumparan di Jakarta, Senin (26/10). Foto: kumparan

Wishnutama

Sebelum Doni Monardo, Wishnutama telah lebih dulu diboyong jadi komisaris perusahaan BUMN. Tak lama setelah dicopot dari kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama didapuk menjadi Komisaris Utama PT Telkomel, anak usaha dari PT Telkom Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Wishutama juga telah lebih dulu menduduki posisi yang sama, yakni untuk salah satu perusahaan startup Tokopedia.
Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo (395191)
searchPerbesar
Mantan Menkominfo, Rudiantara. Foto: Aulia Rahman/kumparan

Rudiantara

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga masuk dalam deretan pejabat Jokowi yang kini berkiprah di BUMN.
Rudiantara dipercaya menjabat Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk pada pertengahan tahun 2020. Sebelumnya, ia merupakan Menkominfo dalam kabinet Jokowi jilid pertama.
Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo (395192)
searchPerbesar
Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago. Foto: Ema Fitriyani/kumparan

Andrinof Chaniago

Nama Adrinof Chaniago juga masuk dalam deretan eks menteri Jokowi di BUMN. Andrinof merupakan Kepala Bappenas periode 2014-2015.
Kariernya di kementerian tersebut terbilang singkat, alias kurang dari setahun. Adrinof tercatat sebagai salah satu Komisaris Bank Mandiri sejak Oktober 2020. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BRI.
Eks Pejabat Jokowi Jadi Dewan Komisaris BUMN: Wishnutama hingga Doni Monardo (395193)
searchPerbesar
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Bambang Brodjonegoro

Selain keempat nama di atas, ada satu lagi eks Menteri Jokowi yang kini menduduki kursi komisaris. Ia adalah mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.
ADVERTISEMENT
Bambang diangkat sebagai Komisaris Utama Telkom Indonesia. Ia diangkat berbarengan dengan Arya Mahendra Sinulingga dan Abdee Slank. Sebelum di Telkom Indonesia, mantan Kepala Bappenas dan Menkeu ini sudah lebih dahulu diangkat sebagai komisaris di Bukalapak.