Erick Thohir Sidak Lagi ke SPBU Pertamina, Kali Ini Toiletnya Gratis

27 November 2021 12:03
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
Setelah sebelumnya pekan lalu sidak ke SPBU Pertamina di Probolinggo, Menteri BUMN Erick Thohir kembali melakukan sidak ke salah satu SPBU Pertamina di Medan untuk mengecek toilet.
ADVERTISEMENT
Dalam unggahannya di akun Instagram, Erick Thohir berbincang dengan salah seorang pegawai SPBU bernama Niko Brahmana. Setelah melihat musala yang bersih dan ber-AC di SPBU tersebut, Erick menanyakan soal toilet.
"Kalau toiletnya, bersih enggak?" tanya Erick seperti dikutip kumparan pada Sabtu (27/11).
"Bersih Pak," jawab Niko.
"Bayar atau gratis?" tanya Erick lagi.
"Gratis Pak," jawab Niko tegas.
"Ah yang benar," kata Erick yang kemudian mengecek langsung toilet SPBU.
Setelah melihat sendiri kebersihan toilet, Erick melontarkan pujian. "Musala bersih, pakai AC. Fasilitas toilet ini bersih, barusan saya cek. Airnya juga bagus," ucapnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
SPBU Pertamina. Foto: Pertamina
zoom-in-whitePerbesar
SPBU Pertamina. Foto: Pertamina
Ia berpesan agar kebersihan toilet terus dijaga dan gratis untuk masyarakat. "Tinggal disiplin supaya rakyat senang. Kita kan melayani rakyat. Jadi kita bisa kan menyiapkan fasilitas yang bersih?" kata Erick.
ADVERTISEMENT
"Bisa Pak," jawab petugas SPBU tersebut.
Erick menegaskan, toilet umum adalah fasilitas vital di ruang publik. Sangat penting, sebab fasilitas sanitasi ini juga salah satu indikator kualitas hidup.
"Saya mengapresiasi pengelolaan salah satu SPBU di Medan ini. Tak hanya toilet, musala juga bersih, dan semuanya gratis. Yuk, sama-sama kita jaga kebersihannya," tuturnya.
Pada 24 November 2021, Erick menerbitkan Surat Edaran Nomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN.
Dalam surat itu, ditetapkan bahwa semua fasilitas umum dan fasilitas sosial yang disediakan oleh BUMN dipelihara dengan baik dan gratis untuk masyarakat.
"Pemberian layanan oleh BUMN yang di dalamnya terdapat Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani bagi masyarakat yang menggunakannya. (Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna)," demikian dikutip kumparan dari Surat Edaran yang diunggah Kementerian BUMN, Jumat (26/11).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Erick Thohir menegur Direksi PT Pertamina (Persero) lantaran menemukan toilet di SPBU Pertamina tidak gratis alias bayar. Teguran itu disampaikan Erick ketika sidak ke SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.
Dalam sidak itu, Erick bertanya kepada seorang penjaga toilet kenapa harus masuk bayar Rp 2.000 untuk sekali buang air dan mandi Rp 4.000. Menurut Erick, toilet di SPBU merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis.