ESDM Lelang 10 Blok Migas, 5 Kontrak Ditarget Bisa Diteken Tahun Ini

5 Agustus 2020 16:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi pertambangan migas Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pertambangan migas Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
ADVERTISEMENT
Kementerian ESDM tengah mengevaluasi 10 Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas atau migas yang akan dilelang tahun ini. Seharusnya, kesepuluh WK itu ditawarkan sebelum kuartal II 2020 berakhir.
ADVERTISEMENT
Kesepuluh WK itu tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua dengan potensi cadangan (resources) 3,4 miliar barel minyak dan potensi gas 5 triliun kaki kubik (TCF). Jadi belum dalam bentuk cadangan terbukti.
"10 sampai 15 persen saja berubah jadi cadangan, bisa meningkatkan lifting ke depan. 3,4 miliar barel untuk minyak untuk gasnya sejumlah total sumber daya hampir 5 tcf itu cukup besar," kata Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (5/8).
Ego mengatakan, dari 10 WK yang dilelang secara langsung dan reguler, berharap 5 WK bisa diteken kontraknya tahun ini. Pihaknya terus berkomunikasi dengan badan usaha. Dia memastikan lelang akan dilakukan pada akhir kuartal III atau awal kuartal IV 2020.
ADVERTISEMENT
"Kalau reguler ini mereka sangat mencermati dengan harga minyak saat ini. Kita tidak akan menunggu sampai sepuluh WK. Jadi yang lelang langsung 3 atau 5 besar sampai akhir tahun ini saya optimis tanda tangan, khususnya penawaran langsung," ujarnya.
Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial. Foto: Ema Fitriyani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial. Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Selain menawarkan WK baru, Kementerian ESDM juga berupaya agar eksplorasi migas berjalan maksimal. Sampai dengan Juli 2020, WK migas status eksplorasi berjumlah 99 WK yang terdiri dari 73 Wilayah Kerja Migas Konvensional dan 26 Wilayah Kerja Non-Konvensional.
Skema Kontrak Kerja Sama pada 99 Wilayah Kerja eksplorasi tersebut terdiri dari 81 Wilayah Kerja dengan kontrak bagi hasil Cost Recovery dan 18 Wilayah Kerja menggunakan kontrak bagi hasil Gross Split. Dari 18 WK, empat di antaranya merupakan perubahan dari kontrak bagi hasil Cost Recovery menjadi kontrak bagi hasil Gross Split.
ADVERTISEMENT
Berikut 10 kandidat WK Konvesional yang Akan Dilelang Tahun Ini:
- WK Penawaran Langsung:
1. Merangin III, Sumatera Selatan & Jambi (Onshore)
2. Sekayu, Sumatera Selatan (Onshore)
3. North Kangean, Jawa Timur (Offshore)
4. Cendrawasih VIII, Papua (Offshore)
5. Mamberamo, Papua, (Onshore & Offshore)
WK Lelang Reguler
1. West Palmerah, Sumatera Selatan & Jambi (Onshore)
2. Rangkas, Jawa Barat & Banten (Onshore)
3. Liman, Jawa Timur (Onshore)
4. Bose, NTT (Onshore & Offshore)
5. Maratua II, Kaltara (Onshore & Offshore)