Fakta-fakta Netflix yang Akhirnya PHK 150 Pekerja

19 Mei 2022 8:10
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Fakta-fakta Netflix yang Akhirnya PHK 150 Pekerja (50389)
zoom-in-whitePerbesar
Kolase poster film Netflix. Foto: Netflix
ADVERTISEMENT
Perusahaan streaming asal AS, Netflix, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 150 karyawannya. Pasalnya, Netflix kehilangan pelanggan untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir.
ADVERTISEMENT
Netflix juga mengatakan, PHK karyawan karena penurunan pendapatan perusahaan. Saat ini perusahaan tengah berjuang untuk melawan beralihnya pelanggan ke platform baru.
“Perubahan ini terutama didorong oleh kebutuhan bisnis daripada kinerja individu, yang membuatnya sangat sulit karena tidak ada dari kita yang ingin mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan hebat seperti itu," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Rabu (18/5).
Namun sayangnya, Netflix tidak mengungkap bagian bisnis mana yang akan kehilangan pekerjaan. Namun beberapa orang mengungkapkan kehilangan pekerjaan mereka lewat media sosial. Berikut ini kumparan rangkum fakta-fakta Netflix yang akhirnya PHK 150 pekerja.
Netflix Kehilangan 200.000 Pelanggan
Fakta-fakta Netflix yang Akhirnya PHK 150 Pekerja (50390)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Suami dan Istri Nonton Netflix. Foto: Shutter Stock
Adapun pada bulan lalu, layanan streaming raksasa itu mengungkapkan telah kehilangan 200 ribu pelanggan di kuartal I 2022. Bahkan angka tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga 2 juta pelanggan yang pada kuartal mendatang.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Adapun tingginya inflasi dan Invasi Rusia-Ukraina ikut berkontribusi pada hilangnya pelanggan Netflix selama lebih dari satu dekade.
Padahal di tahun ini Netflix menargetkan peningkatan 2,5 juta pelanggan. Namun, penangguhan layanannya di Rusia dan penghentian semua keanggotaan berbayar Rusia justru mengakibatkan hilangnya 700.000 pelanggan.
Netflix juga diperkirakan mengalami kerugian di masa depan. Padahal, selama pandemi Covid-19, Netflix sebagai perusahaan streaming dapat berkembang begitu pesat.
Hadapi Persaingan Ketat
Fakta-fakta Netflix yang Akhirnya PHK 150 Pekerja (50391)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan aplikasi Disney Plus Hotstar. Foto: kumparan
Meski saat ini Netflix masih memiliki 220 juta pelanggan secara global, tapi tak dipungkiri perusahaan sedang menghadapi persaingan yang ketat dalam beberapa tahun terakhir dengan platform pesaing seperti Disney Plus, HBO, dan Amazon’s Prime Video.
Untuk itu, saat ini Netflix sedang mencari model bisnis baru yakni dengan memungkinkannya memang iklan yang lebih murah dan berencana menindak berbagi atau sharing password bagi para pelanggan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Di mana praktik berbagi password itu sudah berlangsung lama. Apalagi, Netflix juga berupaya membuat pertumbuhan anggota dengan menaikan harga akibat persaingan yang semakin ketat.