Foto Selfie Ghozali Everyday Laku Miliaran Rupiah, Ternyata Begini Cara Buat NFT

15 Januari 2022 8:39
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ghozali menjual potret dirinya sebagai NFT di OpenSea Foto: Screenshot
zoom-in-whitePerbesar
Ghozali menjual potret dirinya sebagai NFT di OpenSea Foto: Screenshot
ADVERTISEMENT
Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Ini setelah dia meraup miliaran rupiah dari hasil menjual ratusan foto selfie pribadinya.
ADVERTISEMENT
Hal itu bisa terjadi lewat keberadaan aplikasi aset digital NFT (Non Fungible Token). Ia menggunakan platform marketplace NFT OpenSea.
Ghozali menjual sebanyak 933 potret pribadi yang ia ambil dari 2017 hingga 2021. Koleksinya itu menampung volume transaksi sampai 314 Ethereum, setara Rp 14 miliar.
Menurut Fajar Widi, pengamat yang berkecimpung di bisnis ini, NFT merupakan aset digital mewakili barang berharga yang bisa diperjualbelikan. Sederhananya, NFT tak jauh berbeda dengan sistem aset kripto lainnya.
Fajar memberi analogi NFT ini seperti kartu basket NBA yang marak di tahun 90-an. Saat itu sebuah kartu bisa dijual dengan harga yang sangat mahal karena keaslian dan produksinya yang terbatas.
Bedanya, NFT ini seperti kartu tersebut tapi dalam bentuk digital. Dengan membeli kartu tersebut, pembeli hanya mendapat hak kepemilikannya saja.
ADVERTISEMENT
“NFT itu ibarat kartu. Bedanya bentuknya adalah digital dan tersimpan di blockchain,” katanya kepada kumparan, Jumat (14/1).

Cara Membuat NFT

Sultan Gustaf AL Ghozali di Gedung Rektorat Udinus. Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Sultan Gustaf AL Ghozali di Gedung Rektorat Udinus. Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan
Lantaran NFT berbasis blockchain, langkah pertama yang harus dilakukan pengguna atau user adalah memilih marketplace NFT. Kedua, mencari e-wallet NFT yang mendukung transaksi ke marketplace tersebut.
Ketiga, minting atau proses pemindaian file digital ke blokchain. Keempat, menyiapkan produk yang akan diperjualbelikan. Bisa berupa video, audio, maupun gambar 2 dimensi atau 3 dimensi dengan ukuran maksimum 100 MB.
Kelima, adalah upload di marketplace NFT. Beberapa marketplace NFT seperti OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, atau Rarible.