Bisnis6 Juni 2018 7:51

Hari Ini, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Resmi Beroperasi

Konten Redaksi kumparan
Hari Ini, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Resmi Beroperasi (483343)
Bandara Ahmad Yani (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)
Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah, siap beroperasi hari ini. Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan pengoperasian terminal baru yang berkapasitas 6 juta penumpang per tahun ini sesuai target.
ADVERTISEMENT
"Iya betul, hari ini beroperasi," kata Faik Fahmi kepada kumparan, Rabu (6/6).
Corporate Communication Departement Head PT Angkasa Pura I, Awaluddin, menuturkan bahwa pengoperasian hari pertama operasional terminal baru Bandara Ahmad Yani sudah dilakukan sejak pukul 06.00 WIB. Nantinya pergerakan pesawat yang ada di terminal baru ini mencapai 120 per hari.
"Jadi untuk operasi terminal baru kita udah beroperasi di penerbangan pertama pagi tadi pukul 06.00-24.00 WIB," ujarnya.
Awaluddin mengatakan, dengan beroperasinya terminal baru Bandara Ahmad Yani ini maka secara otomatis Bandara Ahmad Yani eksisting sudah tidak beroperasi. "Semua sudah dipindahkan ke terminal yang baru. Jadi sudah dikosongkan," jelasnya.
Terminal baru Bandara Ahmad Yani dapat digunakan untuk melayani masyarakat yang mudik lebaran dan diharapkan mampu mengatasi masalah lonjakan penumpang.
ADVERTISEMENT
Selama ini, Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan pintu gerbang provinsi Jawa Tengah dengan kapasitas 800.000 penumpang per tahun, sedangkan penumpang eksisting tahun 2017 telah mencapai 4,4 juta penumpang per tahun.
Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani senilai Rp 1,96 triliun digarap sejumlah BUMN kontruksi, yaitu PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT PP, PT Nindya Karya, dan PT Abipraya.
Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).
Bandara Ahmad Yani akan menjadi bandara di atas air (floating) pertama di Indonesia. Dengan desain yang sangat artistik dan mengusung konsep eco airport dan go green. Lampu jalan bandara akan memakai solar cell dan pengolahan airnya dengan reserve osmosis dan mendaur ulang air tambak untuk operasional bandara.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white