Hotman Paris Minta Sri Mulyani Kejar Pajak Indra Kenz Cs

23 Maret 2022 19:34
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Menkeu Sri Mulyani jadi moderator dalam acara Talkshow Pajak bertajuk Spectaxcular 2022. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Menkeu Sri Mulyani jadi moderator dalam acara Talkshow Pajak bertajuk Spectaxcular 2022. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Pengacara kondang Hotman Paris menyarankan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar mengejar pajak para crazy rich yang akhir-akhir ini kerap pamer kekayaan seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan. Pajak yang dikejar ke crazy rich bisa menjadi salah satu kantong pendapatan pemerintah.
ADVERTISEMENT
“Saya ini kan pengacara. Yang mau saya kasih masukan, ada sebenarnya cara mencari duit lagi dari pajak. Anda kan lihat kasus Indra Kenz, Doni Salmanan, Indosurya, berapa puluh triliun?” ujar Hotman di acara Spectaxcular 2022, Rabu (23/3).
Hotman berkeyakinan para crazy rich tersebut bukan pembayar pajak yang taat. “Itu uang-uang yang main di situ apakah sudah bayar pajak atau tidak. Dan ada puluhan investasi bodong yang sudah masuk ke Mabes Polri,” ujarnya.
Menurut Hotman, Direktorat Jendral Pajak perlu membuat divisi khusus untuk memelototi para crazy rich tersebut. Terutama mereka yang bermain di investasi-investasi bodong. Menurutnya mereka merupakan sasaran empuk untuk sumber pajak.
Hotman merinci ada dua cara yang bisa dilakukan DJP. Pertama, mengintip kasus-kasus di pengadilan niaga terkait Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Intip di pengadilan niaga PKPU. Indosurya dia PKPU. Dia punya daftar berapa semua nasabahnya di situ. Berapa puluh triliun. Ini tentu sebagaian besar enggak bayar pajak. Belum lagi ada puluhan kasus investasi bodong,” ujarnya.
Kedua, pemerintah harus memberikan sanksi tegas agar para crazy rich ini tidak berani mengemplang pajak. Menurut Hotman, sejauh ini sanksi yang tegas dan pengawasan ketat adalah cara yang paling efektif untuk membuat seseorang patuh terhadap sebuah aturan.
Hotman Paris Hutapea usai sidang di KPPU. Foto: Moh Fajri/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Hotman Paris Hutapea usai sidang di KPPU. Foto: Moh Fajri/kumparan
“Namun pengalaman saya sebagai pengacara, manusia tetap manusia. Kesadaran itu hanya sekian persen. Tetap sanksi yang keras sama pengawasan itu sangat efektif,” ujarnya.
Selain itu, untuk menarik minat wajib pajak agar mau melapor dan membayar pajak, Hotman juga menyarankan agar Sri Mulyani menggunakan strategi marketing yang lebih kekinian. Yaitu dengan menggunakan influencer sebagai brand ambassador atau key opinion leader.
ADVERTISEMENT
Untuk saran yang satu ini, Hotman dengan sukarela menawarkan dirinya menjadi brand ambassador DJP secara gratis.
“Saran saya pemakaian para pesohor termasuk selebgram itu sangat perlu untuk marketing. Sangat perlu. Saya dipakai oleh Kopi Kenangan honor saya Rp 2 miliar untuk setahun jadi BA. Tapi untuk kantor pajak gratis,” ujarnya.