kumparan
16 Agustus 2019 19:21

Ibu Kota Baru di Kalimantan Bakal Punya MRT

Suasana, MRT
Suasana di sekitar stasiun MRT. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan
Daerah di Kalimantan yang akan menjadi ibu kota baru rencananya diumumkan pada tahun ini. Sementara pembangunan infrastrukturnya akan dimulai pada 2021.
ADVERTISEMENT
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan nantinya di ibu kota baru akan dibangun Mass Rapid Transit (MRT). Transportasi itu untuk menunjang mobilitas penduduk di daerah itu.
"Masa depannya sama, musti MRT. Planning-nya pasti ada MRT, tapi itu bertahap," bebernya saat ditemui di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (16/8).
Uji Coba Publik MRT Jakarta
Kereta MRT Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Dia pun mengungkapkan jika daerah yang menjadi ibu kota baru sudah diumumkan, hal pertama yang dilakukan pemerintah ialah membangun bandara yang dapat dilintasi pesawat berbadan besar.
"Di beberapa kota di Kalimantan pada dasarnya infrastruktur‎ udara. Bandaranya terlebih dulu," kata Budi Karya.
Dia menambahkan, saat ini rata-rata bandara di Kalimantan baru memiliki runway atau landasan pacu ‎sepanjang 2.500 meter. Nantinya runway itu akan diperpanjang menjadi 3.000 meter.
ADVERTISEMENT
"Setelah bandara, baru pelabuhan. Kalau pelabuhan, Kalimantan Timur, selatan, dan barat itu sudah siap. Kalau di tengah memang jauh dari laut," ucapnya.
Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro, menyebut bahwa investasi transportasi di ibu kota baru, pendanaannya akan berasal dari APBN, BUMN, maupun swasta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan