kumparan
search-gray
Bisnis30 April 2020 14:48

Jateng dan Semarang Peroleh Juara I Penghargaan Pembangunan Daerah

Konten Redaksi kumparan
Jateng dan Semarang Peroleh Juara I Penghargaan Pembangunan Daerah (201170)
Ilustrasi kota lama Semarang Foto: Shutter Stock
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas kembali menyelenggarakan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, penghargaan tersebut diberikan untuk masing-masing tiga provinsi, kota, serta kabupaten. Daerah-daerah tersebut dinilai berdasarkan pencapaian serta inovasi dalam pembangunan.
"Kementerian Bappenas kembali mengadakan Penghargaan Pembangunan Daerah kepada pemerintah daerah dengan pencapaian dan inovasi pembangunan terbaik. Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2020 akan diberikan pada 3 provinsi terbaik, 3 kabupaten terbaik, dan 3 kota terbaik," ujar Suharso saat membuka Musrenbangnas 2020 secara virtual, Kamis (30/4).
Dalam kategori provinsi terbaik, Jawa Timur menempati posisi ketiga dengan keunggulan dalam pendidikan vokasi. Sementara peringkat kedua, diperoleh oleh Bengkulu yang unggul dalam pengembangan ekonomi kreatif hingga pariwisata.
"Terbaik pertama Jawa Tengah, dengan sinergitas program penurunan kemiskinan melalui satu rakyat daerah satu desa, penguatan pembangunan, peningkatan SDM berdaya saing dengan sekolah tanpa sekat," sebagaimana dipaparkan melalui video dalam acara tersebut.
Jateng dan Semarang Peroleh Juara I Penghargaan Pembangunan Daerah (201171)
Suasana di tempat pelelangan ikan di Pangkal Balam, Pangkal Pinang, Bangka. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sementara untuk kabupaten, Bangka yang beralih dari daerah tambang ke pertanian dan pariwisata, berhasil meraih tempat ketiga. Dengan Poso berada di peringkat kedua atas keberhasilan meningkatkan kualitas SDM melalui pemberantasan gizi buruk.
ADVERTISEMENT
Sedangkan kabupaten terbaik, jatuh kepada Temanggung. Beberapa poin yang mendukung kabupaten ini yakni keberhasilan dalam peningkatan kesejahteraan, serta pemanfaatan potensi alam dan budaya masyarakat melalui pasar terapung.
Terakhir, pada kategori kota terbaik, di posisi ketiga ditempati Kota Padang yang berhasil melakukan pembinaan anak jalanan. Sementara Yogyakarta satu tingkat di atas karena pengentasan kemiskinan hingga penguatan modal sosial.
Seperti Jawa Tengah yang menjadi provinsi terbaik, Kota Semarang juga mendapat penghargaan sebagai kota terbaik. Kota ini unggul karena berbagai program yang fokus pada pengembangan SDM.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white