kumparan
search-gray
Bisnis1 Agustus 2019 15:24

Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan Pada Bulan Ini

Konten Redaksi kumparan
Presiden Jokowi, di Kabupaten Gunung Mas
Presiden Jokowi saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas. Foto: Dok. Biro Sekretariat Pers Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menyetujui lokasi pemindahan Ibu Kota Negara. Adapun lokasi yang dipilih untuk menggantikan Jakarta adalah salah satu daerah yang ada di Pulau Kalimantan.
ADVERTISEMENT
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa Jokowi akan mengumumkan daerah di Kalimantan yang menjadi ibu kota baru pada Agustus 2019.
"Pak Presiden bilang jangan disampaikan dulu lokasinya di mana. Agustus (2019) diumumkan, presiden bilang gitu‎," kata Basuki dalam Dialog Pemindahan Ibu Kota Baru di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (1/8).
Dia menyebut dalam pembangunan ibu kota baru, Kementerian PUPR bertugas dalam desain konseptual infrastruktur. Dalam hal tersebut, pihaknya menggandeng arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).
"Jadi Ditjen Cipta Karya (Kementerian PUPR) fokus merencanakan konseptual desain. Kami dibantu oleh beberapa arsitek di IAI," beber Basuki.
Jokowi, Basuki Hadimuljono, Budi Karya, Rini Soemarno, Ridho Ficardo, Tol Lampung
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo. Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menurut dia, dalam desain tersebut akan tergambar identitas bangsa seperti Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Hal itu nantinya tercermin dalam arsitektur infrastruktur ibu kota baru.
ADVERTISEMENT
"Dalam pembangunannya, kami akan meminimalisir intervensi terhadap alam, dan mempertahankan hutan Kalimantan," katanya.
Basuki pun berseloroh, pemindahan ibu kota tak semudah menggusur rumah yang terdampak pembangunan infrastruktur. Perlu diketahui, rumah Basuki tergusur karena pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.
"Memindahkan ibu kota itu tidak semudah memindahkan rumah kalau kena gusur, hehe," ucap Basuki diiringi tawa hadirin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white