kumparan
Bisnis31 Juli 2019 14:32

Jokowi Diminta Segera Tunjuk Pengganti Destry Damayanti di LPS

Konten Redaksi kumparan
Ketua dewan komisioner LPS Halim Alamsyah
Ketua dewan komisioner LPS Halim Alamsyah Foto: Garin Gustavian/kumparan
Presiden Joko Widodo diminta untuk segera menunjuk kandidat yang akan menggantikan Destry Damayanti sebagai anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Adapun Destry saat ini telah resmi menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Karena Bu Destry minggu depan sudah dilantik di BI. Jadi kita juga ingin secepat mungkin ada yang menggantikan," kata Kepala LPS, Halim Alamsyah di Gedung Equity Tower, Jakarta, Rabu (31/7).
Halim mengusulkan pengganti Destry bisa berasal dari internal ataupun eksternal LPS. Dalam proses perekrutan itu, dia mengatakan pengajuan calon akan dilakukan Menteri Keuangan dan diputuskan oleh Presiden.
"Secepatnya dong, kita juga enggak mau terlalu lama," tegasnya.
Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Kepala LPS Halim Alamsyah, Dewan Komisioner LPS, Fauzi Ichsan.
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Halim Alamsyah (Tengah) dan Anggota Dewan Komisioner LPS, Fauzi Ichsan (Kiri), serta Destry Damayanti, berbincang dengan media. Foto: Wendiyanto Saputro/kumparan
Komisi XI DPR telah menyetujui Destry sebagai Dewan Gubernur Senior BI. Sebelum menetapkan keputusan tersebut, Komisi XI terlebih dahulu melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Destry pada 1 Juli 2019.
Sepekan setelahnya, komisi ini juga meminta masukan kepada sejumlah lembaga tentang calon tunggal DGS BI, mulai dari Badan Intelijen Negara (BIN), Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
ADVERTISEMENT
Destry akan menggantikan DGS BI saat ini Mirza Adityaswara yang masa jabatannya akan berakhir pada 25 Juli 2019. Dengan masuknya Destry, maka bank sentral akan memiliki dua srikandi di jajaran dewan gubernur, bersama Rosmaya Hadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan