Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit

28 April 2022 16:20
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit (34825)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lahan kelapa sawit. Foto: Bloomberg Creative/Getty Images
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi melarang ekspor bahan baku minyak goreng mulai Kamis (28/4), termasuk crude palm oil (CPO). Dalam konferensi pers Rabu malam (27/4), Jokowi menekankan betapa ironisnya Indonesia sebagai produsen sawit terbesar, malah mengalami kelangkaan minyak goreng berlarut-larut.
ADVERTISEMENT
"Sebagai negara produsen terbesar minyak sawit di dunia, ironis kita malah kesulitan minyak goreng," ujar Jokowi dalam virtual conference, Rabu (27/4).
Atas dasar itu, Jokowi menegaskan agar para pengusaha melihat masalah kelangkaan minyak goreng ini dengan lebih jernih. Jokowi ingin kebutuhan dalam negeri menjadi prioritas bersama.
Jokowi berulang kali menekankan kesadaran para produsen agar lebih mengutamakan kebutuhan dalam negeri. "Oleh sebab itu saya melarang ekspor bahan baku minyak goreng ke luar negeri. Berlaku untuk ekspor dari seluruh Indonesia," ujarnya.
Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit (34826)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Jokowi menunjukkan minyak goreng curah dan kemasan saat memimpin rapat terbatas membahas komoditas itu. Foto: Instagram/@jokowi
Sawit merupakan salah satu komoditas utama ekspor Indonesia yang menjadi sumber kekayaan bagi banyak konglomerat di Indonesia. Berdasarkan penelusuran kumparan dari data RTI dan Forbes, berikut deretan orang terkaya Indonesia yang memiliki bisnis sawit:
ADVERTISEMENT
Keluarga Widjaja
PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk (SMAR) adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terafiliasi dengan Sinar Mas Group. Dua anak Eka Tjipta Widjaja, yakni Franky Oesman Widjaja dan Muktar Widjaja, duduk sebagai Komisaris Utama dan Wakil Komisaris Utama di perusahaan ini.
Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit (34827)
zoom-in-whitePerbesar
Pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja Foto: Facebook/Eka Tjipta Widjaja
Dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2021 yang diterbitkan Forbes, keluarga Widjaja berada di peringkat 2 dengan kekayaan USD 9,7 miliar atau setara dengan Rp 138,71 triliun.
Keluarga Salim
PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) adalah 2 perusahaan yang terafiliasi dengan Salim Group. Berdasarkan data RTI, 58,48 persen saham LSIP dimiliki oleh SIMP. Sedangkan pemegang saham pengendali SIMP adalah Indofood Agri Resources (72 persen). Salah satu anggota keluarga Salim, yakni Axton Salim, duduk sebagai Komisaris SIMP dan LSIP.
Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit (34828)
zoom-in-whitePerbesar
Axton Salim, bos Indofood. Foto: Instagram axtonsalim
Pemimpin Salim Group, yakni Anthoni Salim, adalah salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dalam Indonesia's 50 Richest yang diterbitkan Forbes akhir tahun lalu, Anthoni berada di peringkat 3 dengan kekayaan USD 8,5 miliar atau setara dengan Rp 121,55 triliun.
ADVERTISEMENT
Bachtiar Karim
Musim Mas Group yang berkantor pusat di Singapura adalah perusahaan milik konglomerat Bachtiar Karim. Ia menjalankan produsen minyak goreng SunCo ini bersama 2 saudaranya, Burhan dan Bahari. Indonesia's 50 Richest pada 2021 menempatkan Bachtiar Karim dan keluarganya sebagai orang terkaya ke-10 di Indonesia, dengan kekayaan USD 3,5 miliar atau setara dengan Rp 50,05 triliun.
Martua Sitorus
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA) yang terafiliasi dengan Wilmar Group adalah produsen minyak goreng merek Sania dan Fortune.
Darwin Indigo, keponakan Martua Sitorus, adalah Komisaris Utama CEKA. Dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes, Martua Sitorus berada di peringkat 14 dengan kekayaan sebesar USD 2,85 miliar atau Rp 40,75 triliun.
ADVERTISEMENT
Theodore Permadi Rachmat
Triputra Investindo Arya, perusahaan yang terafiliasi dengan Triputra Group yang didirikan oleh TP Rachmat, merupakan pemegang saham terbesar PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG). Berdasarkan data RTI, Triputra Investindo Utama memegang 27,63 persen kepemilikan DSNG.
Jokowi Larang Ekspor CPO, Ini Deretan Orang Terkaya RI yang Berbisnis Sawit (34829)
zoom-in-whitePerbesar
Theodore Permadi Rachmat saat ditemui di Jakarta, Rabu (12/9/2018). Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Dikutip dari Forbes, kekayaan TP Rachmat mencapai USD 3,4 miliar (setara dengan Rp 48,62 triliun) dan berada di peringkat ke-13 orang terkaya di Indonesia.
Ciliandra Fangiono
Ciliandra Fangiono memimpin First Group, perusahaan sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di seluruh Indonesia. Mayoritas saham First Group dimiliki oleh keluarganya.
Berdasarkan Indonesia's 50 Richest (2021), total kekayaan Ciliandra Fangiono dan keluarganya mencapai USD 1,83 miliar atau setara dengan Rp 26,16 triliun.
Lim Hariyanto Wijaya Sarwono
ADVERTISEMENT
Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura, Bumitama Agri. Perkebunannya berada di Indonesia. Putranya, Lim Gunawan Hariyanto, adalah CEO Bumitama Agri.
Forbes menempatkan Lim sebagai orang terkaya ke-41 di Indonesia pada 2021. Kekayaannya mencapai USD 1 miliar atau Rp 14,3 triliun.
Astra Group
Astra Group memiliki perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, yaitu PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI). PT Astra International Tbk (ASII) yang didirikan oleh William Soeryadjaya tercatat sebagai pemegang saham pengendali AALI dengan kepemilikan sebesar 79,68 persen.
Keluarga Bakrie
PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) adalah emiten perkebunan sawit yang dimiliki Grup Bakrie. Dua anggota keluarga Bakrie ada di Dewan Komisaris dan Dewan Direksi UNSP, yakni Anindya Bakrie sebagai komisaris dan Adhika Andrayudha Bakrie sebagai direktur. Pemegang saham pengendali perusahaan ini adalah PT Bakrie Capital Indonesia (1,07 persen).
ADVERTISEMENT