kumparan
13 Maret 2019 20:33

Jokowi Resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru: Tidak Kalah dengan Mal

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Perum Perindo
Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu malam (13/3). Dalam peresmian tersebut, Jokowi ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Jokowi mengenang usulan pembuatan pasar ikan modern ini ada sejak 2016. Saat itu, dia meminta Susi agar dibuatkan sebuah pasar ikan yang modern.
"Juli 2016 saya perintahkan pada Bu Menteri, Bu apakah tidak bisa sih kita bangun pasar ikan modern sebersih pasar yang kita lihat, Pasar Tsukiji seperti di Tokyo? Jawabnya Bu Menteri bisa bangun. Saya tunggu-tunggu enggak jadi-jadi, ini jadi enggak sih? Ternyata alhamdulillah kita telah memiliki pasar ikan modern di Muara Baru Jakarta. Saya senang, saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru," ungkap Jokowi.
Presiden Joko Widodo, Pasar Ikan Modern Jakarta Utara
Presiden Joko Widodo menyapa warga di Pasar Ikan Modern Jakarta Utara. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Jokowi kemudian menyebut dengan adanya Pasar Ikan Modern Muara Baru membalikkan persepsi bahwa pasar ikan yang dulu terkenal kotor dan berbau kini sudah bersih dan modern.
ADVERTISEMENT
"Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsi banyak orang yang namanya pasar ikan kotor, becek, bau dan enggak nyaman. Ya tadi itu. Tapi ini saya kan belum masuk Pasar Ikan Modern Muara Baru persepsi kalau dari luar saya belum masuk ya kelihatannya bersih, nyaman, dan tidak kalah dengan tempat belanja di mal," sebutnya.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Pasar Ikan Modern Muara Baru ini menjadi hadiah besar bagi warga Jakarta.
"Alhamdullah tahun ini Bapak presiden berkenan hadir meresmikan hadiah besar warga Jakarta yaitu Pasar Ikan Modern," tandasnya.
Pasar Ikan Modern Muara Baru memiliki 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di sini yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.
ADVERTISEMENT
Proyek ini dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.
Pasar Ikan Modern Muara Bara beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sini konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan