kumparan
search-gray
Bisnis15 April 2018 20:42

Juli 2018, Airlines Internasional Pindah ke Terminal 3 Bandara Soetta

Konten Redaksi kumparan
Terminal 3 Internasional Bandara Soetta
Terminal 3 Internasional Bandara Soetta. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
PT Angkasa Pura II menargetkan pemindahan operasional maskapai penerbangan internasional dari terminal 2 ke terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta rampung pada tahun ini. Rencananya, seluruh maskapai internasional bisa dioperasikan di Terminal 3 pada Juli 2018.
ADVERTISEMENT
"Nanti bertahap (prosesnya), terakhir kan Malaysia Airlines, jadi dua minggu lagi Turkish Airlines pindah. Terus saja sampai Juli nanti pindah (semua)," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (15/4).
Saat ini, kata Awaluddin, ada 13 Airlines yang sudah pindah ke terminal 3. Dia berharap pada Juli mendatang 35 Airlines sudah selesai dipindahkan dan mulai beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.
"(yang pindah) Itu udah banyak. Mungkin ada sekitar 13 kali. Pokoknya banyak. Pokoknya Juli, Agustus paling lambat lah. Jadi nanti terminal 2 itu domestik semua," tutur Awal.
Selain itu, Awaluddin mengaku akan merevitalisasi terminal 1 dan terminal 2. Revitalisasi ini mencakup perluasan area terminal sehingga bisa menambah kapasitas penumpang dari 9 juta penumpang per tahun menjadi 18 juta penumpang per tahunnya.
ADVERTISEMENT
"Tahun ini Terminal 1 C dulu, tender selesai sebelum lebaran udah bisa mulai untuk penetapan pemenangnya. Setelah 1 C selesai dia pindah ke terminal I B baru ke terminal I A, ke terminal 2 F kita lakukan tahun ini. Prosesnya mungkin butuh 2,5 tahun karena tidak boleh menutup terminal," ucapnya.
Berikut daftar Airlines yang sudah beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta:
1. Garuda Indonesia internasional (GA) 2. Saudi Arabian Airlines (SV) 3. Vietnam Airlines (VN) 4. Korean Air (KE) 5. Xiamen Airlines (MF) 6. China Airlines (CI) 7. China Southern Airlines (CZ) 8. AirAsia (AK) 9. Indonesia AirAsia internasional (QZ) 10. Indonesia AirAsia Extra internasional (XT) 11. Fly scoot Tiger 12. Citilink 13. Malaysian Airline
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white