Kementerian BUMN Dorong UMKM Naik Kelas dan Perluas Pasar Global

9 Maret 2023 18:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jam tangan produk UMKM Amanda Tania dalam Bazaar UMKM di Sarinah, Kamis (9/3/2023). Foto: Narda Margaretha Sinambela/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Jam tangan produk UMKM Amanda Tania dalam Bazaar UMKM di Sarinah, Kamis (9/3/2023). Foto: Narda Margaretha Sinambela/kumparan
ADVERTISEMENT
Kementerian BUMN bersama PT Wijaya Karya atau WIKA (Pesero) Tbk dan PT Bukit Asam Tbk menggelar Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihelat mulai 9-12 Maret 2023.
ADVERTISEMENT
Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) WIKA, Ayu Widya Kiswari, mengatakan Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen pihaknya dalam pemberdayaan UMK yang tergabung sebagai mitra binaan WIKA.
"WIKA punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan WIKA secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar," ujar Ayu, Kamis (9/3).
Ayu menilai produk-produk yang WIKA tampilkan di bazar tersebut merupakan produk unggulan. Ia percaya produk itu akan menjadi daya tarik dan peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing.
Sementara itu, Direktur SDM PT Bukit Asam, Suherman, mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan Bazar UMKM untuk Indonesia. Menurutnya, penyelenggaraan UMKM BUMN bersamaan dengan hari ulang tahun HUT PT Bukit Asam yang ke-42. Ia juga berkomitmen melakukan pembinaan UMKM.
Pegawai Amanda Tania, Marwa dalam Bazaar UMKM di Sarinah, Kamis (9/3/2023). Foto: Narda Margaretha Sinambela/kumparan
"Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik Kelas. Baik dari sisi penambahan omzet maupun dari bertambahnya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara," ujar Suherman.
ADVERTISEMENT
Suherman mengungkapkan pihaknya membina para UMKM dari hulu ke hilir. UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut berasal dari 4 Rumah BUMN yaitu Rumah BUMN Muara Enim, Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto, dan Rumah BUMN Bandarjaya.
Penyelenggaraan Bazar UMKM BUMN 2023 bertujuan memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya melalui interaksi langsung di lokasi pameran, yaitu area Basement Gedung Sarinah dengan fasilitasi sistem transaksi digital dari platform marketplace www.padiumkm.id.