Bisnis
·
18 Juli 2021 9:13
·
waktu baca 2 menit

Ketika Mike Tyson Bertanya: Bitcoin atau Ethereum?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketika Mike Tyson Bertanya: Bitcoin atau Ethereum? (556632)
searchPerbesar
Mike Tyson. Foto: Steve Marcus/REUTERS
Tren uang kripto juga menjadi perhatian legenda tinju dunia, Mike Tyson. Dalam akun twitternya, Mike Tyson bertanya soal Bitcoin dan Ethereum.
ADVERTISEMENT
"Which do you prefer, BTC or ETH?" tulis Mike Tyson dalam akun twitternya @MikeTyson.
Uang kripto memang saat ini tengah naik daun, termasuk oleh mereka para pesohor dunia. Pendiri Tesla, Elon Musk, bahkan seperti menjadi kiblat bagi pergerakan uang kripto.
Cuitan Mike Tyson soal Bitcoin dan Ethereum juga mendapatkan respons yang cukup luar biasa. Setelah lima jam mempublish cuitannya, sudah ada yang me-reply sebanyak 5.400 akun, yang me-retweet 1.600 akun, dan yang menyukai sebanyak 9.100.
Setelah gantung sarung tinju, Mike Tyson merambah dunia bisnis. Dia bekerja sama dengan Alki David mendirikan perusahaan Swissx, perusahaan medis berbasis ganja.

Lalau apa bedanya Bitcoin dan Ethereum?

Bitcoin
Ketika Mike Tyson Bertanya: Bitcoin atau Ethereum? (556633)
searchPerbesar
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Edgar Su/REUTERS
Bitcoin sendiri diciptakan pada 2009 silam oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin tidak memiliki tempat penyimpanan resmi seperti mata uang fisik, di bank. Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.
ADVERTISEMENT
Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.
Meskipun fluktuasi nilainya cukup tajam sehingga risikonya sangat besar, Bitcoin masih menjadi idola. Bitcoin menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan cuan.
Ethereum
Ketika Mike Tyson Bertanya: Bitcoin atau Ethereum? (556634)
searchPerbesar
Ilustrasi mata uang kripto. Foto: REUTERS/Ann Wang
Sama halnya seperti Bitcoin, Ethereum merupakan mata uang digital yang tengah populer di kalangan masyarakat. Ethereum murni digital, dan dapat dikirimkan kepada setiap orang di mana pun di dunia secara instan.
Suplai dari ETH tidak dikontrol oleh pemerintah atau perusahaan apapun - suplainya terdesentralisasi, dengan jumlah yang terbatas. Orang-orang di dunia menggunakan ETH untuk melakukan pembayaran, sebagai penyimpanan nilai, atau sebagai agunan.
ADVERTISEMENT
Tetapi tidak seperti Blockchain lain, Ethereum dapat melakukan lebih banyak lagi. Ethereum dapat diprogram, dalam artian setiap developer dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi-aplikasi jenis baru.
Aset kripto Ether (ETH) terus mencetak rekor harga tertinggi baru, setelah berhasil menembus all time high (ATH) 2018.