Kilang Balikpapan Terbakar, Pasokan BBM dan LPG Masih Aman

4 Maret 2022 18:55
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kilang Balikpapan Terbakar, Pasokan BBM dan LPG Masih Aman (49279)
zoom-in-whitePerbesar
Kondisi Kilang Balikpapan pukul 11:00 WITA usai terbakar. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di wilayah Kalimantan tidak terpengaruh oleh insiden kebakaran di area kilang tadi pagi.
ADVERTISEMENT
Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina RU V Balikpapan, Ely Chandra saat dikonfirmasi menegaskan, pasca pemadaman api, kondisi kilang tetap dapat beroperasi dengan normal.
"Jadi di sekitar area itu (titik api) ada beberapa pabrik. Semua tetap beroperasi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Kebutuhan BBM dan LPG di Kalimantan tetap di-supply oleh kilang RU V," jelas Ely, Jumat (4/3).
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Kilang Balikpapan Terbakar, Pasokan BBM dan LPG Masih Aman (49280)
zoom-in-whitePerbesar
Pekerja menurunkan tabung gas elpiji 3 kilogram bersubsidi. Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Sebelum kejadian, aktivitas di area titik api diakui sedang berjalan normal. Menurut perkiraan Pertamina, titik api diperkirakan pertama kali muncul di area HVU yang temasuk dalam plan 3.
"Masih dalam parimeter kilang. Jadi aktivitas sebelumnya juga masih berjalan seperti biasa. Titik awal apinya itu yang belum kita pastikan," tambah Ely.
Terlebih mengenai sumber api, Ely menyatakan masih dalam upaya investigasi oleh pihaknya. Sampai dengan upaya pendinginan dilakukan pada 13.00 WITA, Pertamina masih mengumpulkan data dan fakta di lokasi kejadian.
ADVERTISEMENT
"Kita masih perlu mengumpulkan data dulu untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif," singkatnya.