kumparan
5 Oktober 2019 14:24

Kirim Barang Lebih Cepat, BukaLapak Kerja Sama dengan Lion Parcel

Kerja sama antara Lion Parcel dan Bukalapak yang ditandatangani oleh CEO Lion Parcel, Farian Kirana dan President & Co-founder Bukalapak, Fajrin Rasyid di Batam Foto: Wiji Nurhayat/kumparan
Perusahaan e-commerce, BukaLapak, menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa layanan logistik, Lion Parcel. Kerja sama kedua perusahaan dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan para pelapak maupun pembeli di BukaLapak agar pengiriman barang cepat sampai tujuan.
ADVERTISEMENT
CEO Lion Parcel Farian Kirana mengungkapkan, implementasi kerja sama dengan BukaLapak sudah terjalin sejak setahun lalu. Pada saat itu, BukaLapak memberikan tantangan kepada Lion Parcel untuk menghadirkan opsi pengiriman barang dengan waktu yang cepat.
Pesawat Lion Air yang dicat Bukalapak. Foto: Wiji Nurhayat/kumparan
Tantangan tersebut pun dijawab Lion Parcel. Setelah uji coba beberapa kali, Lion Parcel akhirnya bisa memberikan layanan pengiriman barang 2 kali lebih cepat dari perusahaan logistik lainnya.
“Jadi intinya adalah kita bikin (layanan) pengiriman keluar pulau atau kota sama cepatnya seperti dalam kota,” kata Farian saat penandatangan kerja sama dengan BukaLapak di Batam Aero Technic, Sabtu (5/10).
Ilustrasi Agen Lion Parcel. Foto: Michael Agustinus/kumparan
Dari kerja sama ini, Farian memastikan, waktu pengiriman barang BukaLapak dengan menggunakan layanan Lion Parcel lebih cepat. Misalnya, pengiriman barang dari Jakarta ke Papua yang biasanya bisa menghabiskan maksimal 3 hari kerja kini bisa dipersingkat menjadi 1 hari saja.
ADVERTISEMENT
Untuk menunjang komitmen tersebut, Lion Parcel akan memaksimalkan armada yang dimiliki Lion Air Group. Ada 230 armada Lion Air Group yang rutin lalu lalang menerbangi langit nusantara.
Tidak hanya itu, Lion Parcel juga memiliki banyak sekali konter. Di Batam saja, Lion Parcel punya 400 konter yang tersebar di 9 kecamatan. Setiap konter memiliki kurir yang siap mengirimkan barang sampai tujuan.
“Pulau ini jadi enggak ada jarak. Kita punya ratusan armada Lion Air Group. Pesawat landing sampai ke penerima hanya hitungan jam,” ujarnya.
CEO Lion Parcel, Farian Kirana. Foto: Wiji Nurhayat/kumparan
Farian optimistis, kerja sama ini semakin meyakinkan masyarakat terhadap layanan Lion Parcel. Target tinggi pun dia canangkan yaitu Lion Parcel bisa mengangkut 10 juta kg per bulan.
ADVERTISEMENT
“Mudah-mudahan kerja sama ini akan mendongkrak pertumbuhan perusahaan,” sebutnya.
Di tempat yang sama, President dan Co-Founder BukaLapak Fajrin Rasyid bangga dengan kerja sama ini. Fajrin menilai, Lion Parcel adalah mitra bisnis yang sangat menguntungkan.
“Kerja sama sudah setahun, (bahkan) fitur Lion Parcel sudah ada di BukaLapak,” ucapnya.
Pesawat Lion Air yang dicat Bukalapak. Foto: Wiji Nurhayat/kumparan
Fajrin menjelaskan, dalam bisnis e-commerce, kecepatan pengiriman barang sangat diperlukan. Pelapak dan konsumen akan puas jika barang yang mereka pesan cepat sampai ke tempat tujuan. Apalagi dengan biaya pengiriman yang hampir sama dengan harga reguler perusahaan logistik lain.
“Kita memberikan tantangan itu ke Lion Parcel. Hasilnya mereka bisa memberikan layanan yang jauh lebih cepat bahkan 2 kali lebih cepat (dari perusahaan logistik lainnya),” tegasnya.
Pesawat Lion Air yang dicat Bukalapak. Foto: Wiji Nurhayat/kumparan
Terakhir, Fajrin menyebutkan, tidak menutup kemungkinan BukaLapak akan bekerja sama jangka waktu panjang dengan Lion Parcel.
ADVERTISEMENT
“(Layanan) kecepatan ini disambut baik oleh Lion Parcel. Lion Parcel bisa menunjukkan performance yang luar biasa,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan