Kisah Kedai Kopi Indonesia di Samping Istana Presiden Amerika Serikat

8 Mei 2022 18:48
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kisah Kedai Kopi Indonesia di Samping Istana Presiden Amerika Serikat (117453)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Gedung Putih, Amerika Serikat. Foto: Shutetrstock
ADVERTISEMENT
Tak jauh dari White House (Gedung Putih), Istana Kepresidenan Amerika Serikat (AS) di Washington DC, terdapat kedai kopi Indonesia. Tepatnya di 923 15 ST NW, Washington DC. Itu lah Dua Coffee yang berdiri September 2019, hanya berjarak dua blok dari Gedung Putih.
ADVERTISEMENT
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menyambangi kafe ini usai menghadiri undangan 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang diadakan oleh United Nations General Assembly Hall.
Dalam kesempatan ini, Sandi berbincang langsung dengan 2 diaspora Indonesia yang merupakan pemilik Dua Coffee cabang Washington DC, yakni Irfan Ihsan dan Vivit Kavi. Sandi menanyakan, bagaimana mereka bisa mendapatkan lokasi yang sangat strategis di Washington DC.
Kisah Kedai Kopi Indonesia di Samping Istana Presiden Amerika Serikat (117454)
zoom-in-whitePerbesar
Gerai Dua Coffee di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Dok. Dua Coffee
Irfan menuturkan, dirinya bersama dua pemilik franchise Dua Coffee, yaitu Omar Karim Prawiranegara dan Rinaldi Nurpratama, awalnya kesulitan mencari lokasi untuk mendirikan kedai kopi di AS.
"Sebenarnya kita sudah keliling ke mana-mana dan enggak dapat. Kalau dapat, dari segi harga terlalu jauh. Kita sempat mencari ke pinggir-pinggir di Maryland, Virginia, masih enggak dapat juga," ujar Irfan seperti dikutip dari akun Instagram resmi Sandiaga Uno, Minggu (8/5).
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Secara kebetulan mereka menemukan gedung yang sedang mencari penyewa di Washington DC. Pemilik tempat tersebut ternyata menyambut baik, antusias dengan rencana pendirian kedai kopi Indonesia.
"Pas hari terakhir Omar sama Aldi mau pulang ke Indonesia, eh pas lewat di sini. Saya catat, kita coba, disambut. Untuk mengambil tempat ini pun harus pitching. Pemilik mau memberikan untuk yang pas dengan gedung ini. Kita ajukan proposal, kita ceritakan konsep kita, saat itu juga dikasih," tutur Irfan.
Kisah Kedai Kopi Indonesia di Samping Istana Presiden Amerika Serikat (117455)
zoom-in-whitePerbesar
Gerai Dua Coffee di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Dok. Dua Coffee
Dua Coffee adalah satu-satunya kedai kopi dengan cita rasa Indonesia di ibu kota AS. Menyuguhkan beragam menu speciality coffee dengan berbagai teknik penyeduhan, Dua Coffee menawarkan hal berbeda dibanding kafe lainnya di AS.
Sandi berharap keberhasilan Dua Coffee bisa diikuti para wirausaha Indonesia lainnya. "Saya ucapkan selamat. Buat masyarakat Indonesia, ayo kita support agar kopi Indonesia dan produk-produk kuliner kita lebih mendunia," ucapnya.
Kisah Kedai Kopi Indonesia di Samping Istana Presiden Amerika Serikat (117456)
zoom-in-whitePerbesar
Gerai Dua Coffee di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Dok. Dua Coffee
Dia juga berpesan agar keberadaan para pelaku usaha asal Indonesia di luar negeri dapat mendorong promosi pariwisata Indonesia, sehingga turut berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian nasional.
ADVERTISEMENT
"Dengan terus memberikan dukungan kepada mereka kita harapkan ini bisa menggerakkan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan, dan tentunya turut membantu pemulihan ekonomi nasional," pungkas Sandi.