Bisnis18 Februari 2018 12:29

KKP Siapkan Bantuan 148 Kapal untuk Nelayan Morotai

Konten Redaksi kumparan
KKP Siapkan Bantuan 148 Kapal untuk Nelayan Morotai (95823)
Pulau Dodola, Kabupaten Morotai, Maluku Utara (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada 2018 ini akan menyalurkan 148 kapal ikan untuk nelayan setempat guna meningkatkan pendapatan mereka. Kapal tersebut merupakan program bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk program penangkapan ikan ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pulau Morotai, Suriani Antarani mengatakan bantuan 148 kapal ikan itu merupakan lanjutan dari program serupa pada 2017 yang jumlahnya sebanyak 102 kapal ikan.
KKP akan menyalurkan bantuan kapal ikan berbobot 3 GT tersebut melalui 83 koperasi nelayan, yang tersebar di 28 daerah pesisir di Kabupaten Pulau Morotai, sehingga nelayan yang bisa mendapatkan bantuan itu harus menjadi anggota koperasi nelayan.
Suriani seperti dikutip dari Antara menambahkan, adanya bantuan kapal ikan tersebut diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan nelayan, juga mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya perikanan di daerah itu, terutama untuk jenis ikan yang memiliki pasar ekspor, seperti ikan tuna dan ikan cakalang.
KKP Siapkan Bantuan 148 Kapal untuk Nelayan Morotai (95824)
Kapal bantuan dari KKP untuk nelayan Maluku (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Semakin banyaknya nelayan di Pulau Morotai yang memiliki kapal penangkapan ikan memadai, diharapkan pula akan meningkatkan produksi ikan di daerah itu. Sehingga ekspor ikan dari Morotai juga akan semakin meningkat.
ADVERTISEMENT
"Pada Februari 2018 ini akan ada pengiriman ikan ke Taiwan sebanyak 4 kontainer dan setelah itu akan dikirim lagi setiap bulan dengan volume yang lebih banyak, demikian pula negara tujuannya tidak hanya Taiwan, tetapi juga ke sejumlah negara lainnya," katanya.
Kabupaten Pulau Morotai telah diprogramkan pemerintah pusat sebagai pusat pengembangan industri perikanan di wilayah Indonesia Timur. Untuk itu berbagai infrastruktur perikanan terus dibangun di daerah ini, di antaranya Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT) yang kini sudah beroperasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white