kumparan
26 Januari 2020 20:43

Lewat PT Hebat, Kaesang Ingin Lebih Banyak Modali UMKM Kuliner

Kaesang Pangarep, Jonathan End, Nongkrong Bareng SaHebat
Jonathan End dan Kaesang Pangarep dalam acara Nongkrong Bareng SaHebat, di gerai Yang Ayam, Jakarta Barat, Minggu (26/1). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan perusahaan yang didirikannya, PT Harapan Bangsa Kita atau disingkat 'Hebat', ingin membuka peluang bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya di bidang kuliner, untuk diberi modal.
ADVERTISEMENT
Upaya menjaring UMKM ia lakukan dengan jemput bola langsung, salah satunya melalui diskusi tentang kewirausahaan. Diskusi ini diikuti oleh para milenial yang memiliki minat terhadap dunia usaha.
Kaesang mengatakan Hebat tidak membatasi berapa jumlah UMKM yang akan dimodali. Ia menerima sebanyak mungkin UKM, selama memenuhi syarat yang mereka tentukan.
“Hebat itu akselerator untuk UMKM. Kami terima sebanyak mungkin, enggak ada batasan sama sekali,” ujar Kaesang dalam acara ‘Nongkrong Bareng SaHebat’ di salah satu gerai usahanya, Yang Ayam, Jakarta Barat, Minggu (26/1).
Kaesang Pangarep, Nongkrong Bareng SaHebat
Kaesang Pangarep dalam acara Nongkrong Bareng SaHebat, di gerai Yang Ayam, Jakarta Barat, Minggu (26/1). Foto: Helmi Afandi/kumparan
“Kita sih enggak ada syaratnya, selama foundernya sendiri emang niat untuk bekerja kami akan terima untuk menjadi salah satu UMKM yang tergabung di Hebat,” sambung pemilik usaha kuliner Sang Pisang itu.
ADVERTISEMENT
Selain memberi modal, Kaesang mengatakan Hebat juga akan rutin melakukan evaluasi terhadap UKM yang nantinya tergabung dalam Hebat. Mulai dari evaluasi keuangan hingga operasional rekanan mereka itu.
“Kalau dari kami, kami melakukan investasi dan kita akan lakukan namanya tiap minggunya ada weekly review dalam masalah finance, accounting, sales, marketing, sama operasional,” ujarnya.
Kaesang Pangarep, Nongkrong Bareng SaHebat
Kaesang Pangarep (kanan) dalam acara Nongkrong Bareng SaHebat, di gerai Yang Ayam, Jakarta Barat, Minggu (26/1). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
Melalui Hebat ini, ia berharap UKM tersebut nantinya dapat berkembang dengan baik.
“Kami inginnya UMKM kan orang melihat itu adalah kecil kan. Saya dari Hebat secara pribadi penginnya UKM itu menjadi usaha kecil miliaran, itu yang saya pengin. Biar orang itu enggak melihat UKM itu kecil melulu, padahal omsetnya bisa besar,” jelas Kaesang.
Saat ini, sudah ada 8 UKM yang dibiayai oleh Hebat. Hebat sendiri didirikan oleh Kaesang pada 1 Desember 2019.
Kaesang Pangarep, Jonathan End, Nongkrong Bareng SaHebat
Jonathan End dan Kaesang Pangarep dalam acara Nongkrong Bareng SaHebat, di gerai Yang Ayam, Jakarta Barat, Minggu (26/1). Foto: Helmi Afandi/kumparan
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan