kumparan
10 Okt 2019 7:37 WIB

Lion Air Berencana Go Public Tahun Ini

Pesawat Lion Air bertipe 737-800NG Foto: Dok. Lion Air
Salah satu maskapai penerbangan, yakni Lion Air, akan menyusul menjadi perusahaan terbuka di tahun ini.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, nama PT Lion Mentari Tbk (Lion Air) tercantum dalam daftar 31 perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna mengatakan, 40 perusahaan telah tercatat di BEI melalui skema penawaran umum perdana saham sampai dengan saat ini.
Dengan 31 calon emiten baru ini, maka total akan ada 71 perusahaan yang melantai di pasar modal sepanjang tahun 2019 ini.
“Total pipeline saham 31 perusahaan, 1 perusahaan mengajukan penawaran umum berdasarkan skema Reg-S of US Securities Act dan SEC Rule 144A sehingga identitas perusahaan masih dirahasiakan,” tulisnya dalam informasi pipeline perusahaan IPO, Kamis (10/10).
Ilustrasi IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Berdasarkan informasi yang tercantum, Lion Air diketahui menggunakan laporan keuangan tahun buku pada 30 Juni 2019. Dengan begitu, diperkirakan perusahaan akan resmi melantai pada bulan Desember 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
Padahal, sejumlah kasus terkait Lion Air masih membekas dari ingatan. Yang terakhir, terkait Lion Air mengajukan permohonan penundaan pembayaran atas jasa bandara periode Januari hingga Maret 2019. Kala itu, pihak Lion Air mengaku sedang menghadapi kesulitan keuangan.
Lantaran hal ini pula, Kementerian Perhubungan sampai turun tangan untuk melakukan analisis dan monitoring terhadap kondisi keuangan maskapai penerbangan berbiaya murah itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan