Live Streaming Shopee 9.9 Super Shopping Day Tingkatkan Penjualan 30 Kali Lipat

12 September 2023 15:48 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Shopee 9.9 Super Shopping Day. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Shopee 9.9 Super Shopping Day. Foto: Dok. Istimewa
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Shopee 9.9 Super Shopping Day jadi salah satu program yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta belanja setiap tahun. Bukan tanpa alasan, pengguna bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, mulai dari gratis ongkir hingga cashback di festival belanja tahunan ini.
Shopee 9.9 Super Shopping Day yang berlangsung pada 18 Agustus-9 September lalu pun berhasil menggapai berbagai pencapaian positif. Menjadi awal dari rangkaian kampanye menuju akhir tahun, antusiasme masyarakat pun terlihat dari peningkatan Shopee Live yang ditonton lebih dari 7 kali lipat. Produk yang berhasil terjual juga mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.
Pencapaian ini semakin menunjukkan bagaimana para pengguna memanfaatkan Shopee dan kampanye 9.9 beserta fitur interaktifnya sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan mereka.
"Festival belanja akhir tahun selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi kami di Shopee, karena dapat kembali menyaksikan animo masyarakat dalam menjadikan Shopee destinasi berbelanja kebutuhan yang bervariasi. Antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan kampanye 9.9 Super Shopping Day pun telah banyak melahirkan beberapa tren belanja hingga berjualan baru yang menarik diamati,” ungkap Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna.
Menurut Monica, masyarakat semakin semangat dalam berburu produk incarannya melalui ragam promo dan harga spesial berkat kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Affiliate. Keduanya telah menciptakan ruang kolaborasi dan membawa dampak positif bagi para pengguna baik pembeli, penjual, maupun kreator guna mendapatkan proses jual beli yang lebih menguntungkan dan menyenangkan.

Fitur Shopee Live ciptakan dampak signifikan untuk seluruh ekosistem

Puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day tahun ini lebih meriah. Bukan hanya karena adanya deretan promo menarik, namun ditambah juga dengan fitur-fitur yang menghadirkan program spesial sebagai wadah kolaborasi dan solutif bagi semua pihak.
Secara khusus, melalui fitur Shopee Live, hadir sesi live shopping pada puncak kampanye yang dimeriahkan langsung oleh deretan artis papan atas secara bergantian. Mulai dari Ruben Onsu, Sarwendah, Raffi Ahmad, dr. Richard Lee, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, Keanu Agl, serta para streamer dan konten kreator lainnya telah meramaikan sesi Shopee Live secara nonstop.
Sesi live shopping pada puncak kampanye ini menawarkan berbagai kemeriahan, mulai dari hiburan hingga interaksi dengan penggemar. Selain itu yang paling spesial, Shopee juga menyediakan keuntungan bagi para pembeli dengan menghadirkan ragam pilihan produk serta penawaran harga spesial dari mitra brand maupun penjual yang ikut berpartisipasi pada sesi live tersebut.
Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton untuk meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9. Sebut saja Sarwendah, Ruben Onsu, dan Aurel Hermansyah, mereka memiliki gaya khas dalam berjualan live shopping, menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.
Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live yaitu:
1. Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee Live mencatatkan rekor baru dengan sukses meraih omzet hingga Rp 16 miliar di puncak kampanye.
2. Sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza yang dipandu Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial.
3. Aurel Hermansyah melalui toko @TokoMamaNur berhasil menjual lebih dari 16 ribu produk.
“Tak disangka-sangka, live shopping di Shopee Live pada puncak 9.9 kemarin sangat seru. Terima kasih kepada para followers dan pengguna Shopee yang kemarin dengan semangat sudah meramaikan toko sampai beberapa barang sold out. Tapi keren banget sih, dalam semalam kemarin meraih omzet hingga Rp 16 miliar dengan puluhan ribu produk terjual, ini di luar dugaan! Ngeliat promo dan diskon yang super besar, plus traffic yang tinggi, makin percaya diri nih buat meningkatkan terus performa toko @Ruben_Onsu di Shopee Live. Bagi pengguna yang belum kebagian, tunggu kejutan di sesi berikutnya!” ujar Ruben Onsu.
Pengaruh signifikan dari efektivitas live shopping tidak hanya dirasakan oleh para pembeli dan konten kreator. Interaksi dan komunikasi secara real-time juga memberikan dampak positif terhadap para penjual.
Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang turut mengoptimalkan Shopee Live di puncak kampanye sebagai strategi pemasarannya. Tercatat peningkatan jumlah streamer seller hingga 5 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Respons luar biasa dari para penonton live shopping di kampanye 9.9 memang turut mendukung peningkatan penjualan harian para pelaku usaha yang bergabung di Shopee Live.
Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang yang diberikan adalah BHUMI. Brand kecantikan tersebut berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 hingga mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.
Selain itu, brand fashion pria Geoff Max juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
Owner dari Geoff Max pun menyampaikan apresiasinya akan peluang yang dihadirkan fitur Shopee Live untuk brand-nya.
"Sejak awal Geoff Max bergabung dengan Shopee, kami merasa bahwa berbagai program dan fitur yang disediakan adalah bentuk dukungan yang berarti bagi pertumbuhan bisnis kami. Terutama, kehadiran Shopee Live telah membantu kami memberikan pelayanan yang lebih personal, interaktif, dan informatif kepada konsumen. Hal ini tercermin dalam peningkatan transaksi yang sangat pesat melalui Shopee Live sepanjang kampanye 9.9 Super Shopping Day kemarin. Di puncak kampanye sendiri, kami berhasil mencapai peningkatan transaksi 130 kali lipat. Kami berharap bahwa Shopee akan senantiasa menjadi platform yang mendukung brand lokal seperti Geoff Max untuk memperluas pasar dan mengoptimalkan bisnis melalui fitur-fitur inovatif lainnya,"

Kelengkapan produk hingga peluang yang dimanfaatkan pengguna

Periode menuju akhir tahun memang dikenal sebagai momen berbelanja berbagai kebutuhan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Menjadi teman setia sekaligus memberikan solusi kepada pengguna, Shopee 9.9 Super Shopping Day menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori yang menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incarannya.
Beauty, Home & Living, dan Fashion menjadi tiga kategori teratas favorit pengguna selama kampanye 9.9 berlangsung. Fashion dan Beauty sendiri merupakan dua kategori yang kerap menempati podium teratas dalam indikator kategori yang paling dicari di Shopee.
Jam tangan, sweater, dan legging menjadi produk fashion yang paling banyak dibeli. Sedangkan pada kategori kecantikan, 9.9 tahun ini mencatatkan moisturizer, body wash, dan face mask menjadi produk yang paling diminati oleh pengguna.
Selain Fashion dan Beauty, daya tarik terhadap kategori Home & Living juga semakin meningkat. Kebutuhan yang bervariasi dan keinginan memiliki rumah nyaman untuk keluarga membuat kategori ini juga menjadi incaran pengguna. Selimut, rak penyimpanan, dan handuk menjadi tiga produk paling dicari demi bisa menciptakan tempat tinggal yang menyenangkan.
Di sisi lain, Shopee melihat permintaan akan kebutuhan yang beragam dan promo menguntungkan menjadi aspek yang meningkatkan ketertarikan para pengguna di luar kota non-metropolitan untuk memanfaatkan momen kampanye 9.9 Super Shopping Day. Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah pengiriman yang memanfaatkan Gratis Ongkir Rp 0 pada puncak kampanye, dengan pengiriman terjauh dari Jayapura ke Medan dengan jarak kurang lebih mencapai 7.000 km.
Pengaruh daya tarik yang tinggi terhadap tiga kategori di atas juga dipengaruhi oleh semakin banyaknya pengguna Shopee yang memanfaatkan peluang baru. Salah satunya melalui Shopee Affiliate Program untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Pada puncak kampanye 9.9, tercatat produk yang dipromosikan melalui link affiliate meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Para pengguna juga memanfaatkan sederet promo super di kampanye ShopeeFood 9.9 Super Duper Kenyang untuk memesan berbagai camilan sebagai asupan tambahan selain menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Aneka cemilan populer yang paling banyak dipesan selama kampanye ShopeeFood 9.9 berlangsung adalah martabak, pempek, dan ayam fillet krispi.
Di samping itu, antusiasme pengguna terlihat dalam kampanye ShopeePay DUAR (Dobel Untung Besar) 9.9 yang hadir dengan penawaran menarik saat bertransaksi menggunakan QRIS dengan sumber dana ShopeePay atau SPayLater di merchant offline dan online.
Malang, Sleman, dan Palembang termasuk ke dalam kota-kota non metropolitan dengan antusiasme tinggi yang memanfaatkan voucher promo ShopeePay DUAR 9.9 di dalam fitur ShopeePay Sekitarmu. Sedangkan kategori yang paling banyak dibeli menggunakan QRIS ShopeePay ataupun SPayLater adalah belanja kebutuhan harian, makanan & minuman, pembayaran parkir, dan fashion.
“Kami harap dimulainya festival belanja akhir tahun oleh kampanye 9.9 Super Shopping Day yang berhasil mencatatkan pencapaian baik ini dapat menjadi dorongan bagi kami untuk memberikan lebih banyak dukungan dan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee,” tutup Monica.
Yuk, tunggu program-program menarik selanjutnya dari Shopee. Jangan lupa unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja lebih nyaman dan praktis.
Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio