kumparan
Bisnis23 Mei 2020 14:40

Luhut: Presiden Perintahkan, Industri Siapkan Skenario The New Normal

Konten Redaksi kumparan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan melakukan rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (9/9). Foto: Fanny Kusumawardhani
Menteri Koordinator bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta agar para pelaku industri menyiapkan skenario operasional perusahaan yang menyesuaikan konsep The New Normal.
ADVERTISEMENT
Permintaan itu, kata Luhut, sesuai dengan perintah langsung dari Presiden Jokowi. Hal itu juga sudah ia bicarakan dengan sejumlah menteri lainnya.
"Jadi banyak hal nanti yang kita belum tahu apa yang akan terjadi New Normal nanti. Jadi kami sudah bicara dengan Menko Perekonomian dengan saya, satgas kesehatan, semua kita sudah duduk, kita menyusun dan memerintahkan setiap industri itu membuat protokol kesehatannya lebih detail, supaya tadi aman," ujar Luhut dalam video conference, Sabtu (23/5).
Menteri Kemaritiman Luhut Binsar P
Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan hadiri Entry Meeting di Gedung BPK, Jakarta, Senin (6/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Luhut mengatakan, Jokowi kerap mengingatkan agar para menteri segera membahas dan mempelajari konsep The New Normal itu. Ia juga berharap, khusus untuk industri sudah bisa dilaporkan oleh Kementerian Perindustrian selepas lebaran.
"Nanti selesai lebaran Kementerian Perindustrian sudah akan lapor ke kami, Presiden sudah perintahkan supaya itu disiapkan. Jadi Presiden sangat aktif sekali dalam mengingatkan para menteri dan kami menko rapat, melakukan koordinasi ketat," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Khusus untuk kementerian yang ia pimpin, meski tetap menerima para investor, Luhut memastikan protokol kesehatan dijalankan secara ketat.
"Ya kita kan tidak bisa ndak butuh investasi, kalau tidak ada bagaimana maju. Jadi apa yang datang ke Indonesia pasti kita minta mengikuti protokol kesehatan," ujar Purnawirawan Jenderal TNI itu.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Saksikan video menarik di bawah ini:
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan