Luhut Yakin Ivermectin Ampuh Sembuhkan Pasien Corona Gejala Ringan

6 Juli 2021 15:45
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Luhut Yakin Ivermectin Ampuh Sembuhkan Pasien Corona Gejala Ringan (49954)
zoom-in-whitePerbesar
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) saat ini tengah melakukan percepatan uji klinis terhadap Ivermectin, obat yang diklaim ampuh sebagai terapi pencegahan dan penyembuhan bagi pasien COVID-19.
ADVERTISEMENT
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun optimistis bahwa Ivermectin bisa digunakan sebagai obat penyembuhan khususnya pada pasien COVID-19 dengan gejala ringan.
Menurut Luhut, pihaknya sudah mulai mencermati Ivermectin sejak 8 bulan lalu. Tepatnya sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga mengumumkan penggunaan Ivermectin sebagai obat corona.
“Saya 8 bulan lalu itu. Saya bicara pertama sama dokter Fatimah, Kepala RS BUMN. Waktu wave pertama. Pake itu Ivermectin. Karena Presiden Trump ngumumin di White House. Cobain aja deh buat yang ringan-ringan. And It works,” ujar Luhut di Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier, Selasa (6/7).
Luhut mengatakan Ivermectin ini bisa digunakan lantaran saat ini kondisi negara tengah darurat dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Sehingga menurutnya pemerintah harus cepat mengambil keputusan semata-mata untuk menyelamatkan nyawa rakyatnya.
Luhut Yakin Ivermectin Ampuh Sembuhkan Pasien Corona Gejala Ringan (49955)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi IVERMECTIN, obat cacingan yang disebut-sebut efektif mengatasi COVID-19. Foto: Shutterstock
Untuk itu, Luhut pun menilai tidak ada yang salah dengan penggunaan Ivermectin. Menurutnya selama digunakan untuk kepentingan rakyat dan sudah dibuktikan secara medis, maka penggunaan obat tersebut layak dicoba.
ADVERTISEMENT
“Inikan darurat. Sepanjang untuk kepentingan rakyat ya kita lakukan aja. Ya secara evidence base itu bagus kenapa enggak. Daripada kamu sekarang mati. It works. Hajar aja. Saya bilang sama Pak Erick (Menteri BUMN), udah kirim aja (untuk pasien) yang (gejala) ringan-ringan. Enggak akan ada korban gara-gara itu,” ujarnya.
Selain untuk menyembuhkan pasien COVID-19, Ivermectin ini menurut Luhut juga merupakan upaya pemerintah memberantas mafia obat yang masih saja sempat meraup cuan tinggi selama pandemi. Untuk itulah Luhut mengatakan dirinya sudah memerintahkan Kementerian BUMN untuk memproduksi Ivermectin secara massal, serta berpesan pada Kementerian Kesehatan untuk mengatur harganya. Nantinya Ivermectin bisa didapat masyarakat dengan mudah dan harga yang terjangkau.
“Saya bilang ke Pak Budi (Menteri Kesehatan), Bud, bikin tuh HET dan mereka harus udah untung. Jangan juga produsen sampai enggak untung. Itu distudi sama mereka cepat. Bikin harga itu. Enggak ada masalah,” ujarnya. Luhut pun menegaskan pemerintah tidak takut pada mafia obat. Menurutnya keselamatan rakyat dengan menghadirkan obat yang terjangkau jauh lebih penting.
ADVERTISEMENT
“Kalau Ivermectin benar untuk awal kan kita bisa menyelesaikan banyak hal. (Banyak mafia enggak suka) Ya emang kita pikirin. Hajar aja enggak ada urusan. Sepanjang kepentingan untuk rakyat ya kita terusin,” tandasnya.