kumparan
17 September 2019 12:08

Maria Selena dan Wynne Prakusya di Tengah Bisnis MLM QNET

Putri Indonesia 2011 Maria Selena
Putri Indonesia 2011 Maria Selena. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Bisnis Multi Level Marketing (MLM) tengah menjadi sorotan setelah ramai pemberitaan terkait penipuan yang ditudingkan kepada PT QNET Indonesia, perusahaan direct selling atau penjualan langsung produk-produk kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup yang berbasis di Hong Kong.
ADVERTISEMENT
Komisi besar dan iming-iming jalan-jalan ke luar negeri menjadi daya tarik masyarakat untuk ikut nyemplung di bisnis tersebut.
Tak jarang, untuk memasarkan produk-produknya agar menarik dan punya value tinggi, perusahaan MLM mengajak public figure untuk dijadikan brand ambassador. Tak terkecuali QNET.
Putri Indonesia 2011 Maria Selena
Putri Indonesia 2011 Maria Selena. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Adalah Maria Selena, Putri Indonesia 2011 ini didapuk menjadi brand ambassador dari salah satu produk QNET yaitu Eternaleaf.
Eternaleaf merupakan produk perawatan tubuh alami dengan minyak buah Merah Papua yang diklaim memiliki kandungan anti-radikal bebas tertinggi.
Buah Merah Papua adalah buah kebanggaan dari tanah Papua karena hanya tumbuh dan berbuah dengan baik di tanah Papua.
Tahun ini adalah tahun kedua Maria Selena menyandang status sebagai brand ambassador Eternaleaf.
Putri Indonesia 2011 Maria Selena
Putri Indonesia 2011 Maria Selena. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Menurut Maria Selena, dirinya tidak sembarangan menerima tawaran sebagai brand ambassador. Dia harus memastikan jika produk tersebut berkualitas.
ADVERTISEMENT
"Aku bangga banget karena ini asli Papua. Ini sekaligus campaign budi daya buah Merah, ini baru satu-satunya produk yang pakai buah Merah, ini bukan sesuatu yang common, ini satu value dan uniqueness yang sangat tinggi," ucap Putri Indonesia 2011 ditemui di Hotel Equatorial Penang, Malaysia, Minggu (15/9).
Tak hanya melihat produk, Maria Selena juga mengaku, perusahaan yang menaungi juga harus terpercaya.
"Bersama QNET ini merupakan partnership yang bagus juga untuk kedua belah pihak, khususnya untuk Eternaleaf ini buat memperluas jaringan atau jangkauannya enggak cuma di Indonesia tapi Asia bahkan dunia," ucap Maria Selena.
Mantan atlet tenis Wynne Prakusya
Mantan atlet tenis Wynne Prakusya. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Sosok lain yang juga ada di bisnis MLM adalah Wynne Prakusya. Mantan atlet tenis itu mengaku senang dipercaya menjadi brand ambassador salah satu produk kebugaran milik QNET yaitu Amezcua Geometri.
ADVERTISEMENT
Amezcua Geometri adalah sejenis kaca bulat pipih bening berbentuk seperti tatakan memiliki sembilan cincin berbentuk gelombang yang mewakili tataran energi fisik, organ vital, emosi, kejiwaan, dan spiritual yang halus. Ini menciptakan medan energi alami yang bersifat menyeimbangkan dan secara optimal menyeimbangkan interaksi tubuh dengan penyebab stres dari lingkungan.
Pemancar BioGeometry di sekeliling sembilan cincin berbentuk gelombang pada Amezcua Geometri menyebabkan perluasan lembut energi, menghilangkan penghambat energi, dan memulihkan keseimbangan aliran dan kualitatif yang benar dalam fungsi biologis kita.
Atlet tenis peraih emas dalam ajang Asian Games 2002 dan Southeast Asian Games 2005 ini mengaku, tawaran menjadi brand ambassador justru datang setelah dia memakai produk QNET terlebih dulu.
"Jadi bukan karena jadi brand ambassador terus pakai produknya. Saya justru sudah lama pakai produk ini, nah mereka tahu, jadi saya ditawari jadi brand ambassador-nya," terang perempuan berusia 38 tahun ini.
Mantan atlet tenis Wynne Prakusya
Mantan atlet tenis Wynne Prakusya. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Wynne bercerita, anak pertamanya yang berusia 7 tahun menderita alergi debu yang diturunkan dari keluarga. Setiap pagi, Wynne kerepotan karena harus mencari cara untuk menangkal bersin-bersin anaknya yang tidak wajar, sekali bersin sampai 30 kali, hingga mengganggu aktivitasnya. Atas saran dari kakaknya yang juga punya masalah yang sama, Wynne akhirnya mencoba Amezcua Geometri. Setelah 9 bulan, alergi anaknya berangsur membaik.
ADVERTISEMENT
"Saya mencoba mencari apa ada ya yang bisa sembuhin alergi karena sudah mengganggu aktivitas atau kegiatannya. Susah makan jadinya, bisa bersin sampai 30 kali itu. Jadi saya coba. Setiap hari saya tuangkan air minum di atas Amezcua tersebut sebanyak dua liter untuk anak saya, dan sekarang sudah jauh berkurang dalam waktu beberapa bulan saja," kata Wynne.
Amezcua Geometri, produk kebugaran milik QNET
Amezcua Geometri, produk kebugaran milik QNET. Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Menilik lebih jauh, QNET adalah perusahaan direct selling atau penjualan langsung yang menawarkan berbagai produk kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup. Produk-produk QNET dijual secara online di e-commerce. Salah satu produk yang paling populer adalah Amezcua Geometri, produk kebugaran yang diyakini bisa meningkatkan kesehatan. Berkantor pusat di Hong Kong, QNET telah menjamur di lebih dari 25 negara dengan pasar terbesar India, Kazakhstan, dan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Produk-produk QNET hanya dijual secara online melalui e-commerce. Untuk mengaksesnya bisa masuk melalui akun resmi QNET. Bisnis QNET dilakukan dengan sistem MLM. Artinya, strategi penjualan dilakukan secara berantai, di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, namun juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut. Semakin banyak mereka menjual produk, maka semakin banyak pula bonus atau poin yang mereka dapat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan