kumparan
11 Maret 2018 17:20

Mau Jadi Mitra Waralaba Markobar Milik Gibran? Berikut Syaratnya

Toko Martabak Markobar (Foto: Dok. Instagram @chillipari)
Setelah tiga tahun membuka bisnis Markobar 1996, akhirnya putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, membuka pendaftaran untuk menjadi mitra waralaba bisnis miliknya.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan Gibran saat melakukan peluncuran Sang Pisang x Markobar, hasil kolaborasi bisnis dengan adiknya, Kaesang Pangarep.
"Setelah tiga tahun tidak franchise, minggu depan sudah bisa di seluruh Indonesia," kata Gibran di Cikini, Jakarta, Minggu (11/3).
Menurutnya, ini merupakan caranya untuk membantu orang-orang yang masih kebingungan memulai bisnis. "Kita membuka peluang ini untuk orang yang pingin berbisnis, tapi bingung mau usaha apa," ujarnya.
Selain itu, untuk dirinya sendiri, ini merupakan potensi untuk memiliki relasi yang lebih luas dalam berbisnis. "Ya nambah teman, nambah mitra, nambah relasi di dunia usaha lah," lanjutnya.
Lalu, apa saja syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk membeli hak waralaba dari Markobar 1996?
Gibran dan Kaesang di Sang Pisang X Markobar (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Yang pertama, harus memiliki niat untuk sungguh-sungguh menekuni usaha food and beverage. Selain itu, franchisor harus siap terlibat langsung dalam pengelolaan bisnis.
ADVERTISEMENT
Berapa dana yang harus disiapkan? Franchise fee untuk Markobar sebesar Rp 300 juta untuk membeli lisensi dan mendapatkan alat-alat berjualan. Franchisor juga wajib memiliki lokasi yang strategis untuk usaha ini, mempekerjakan karyawan, dan bersedia mengikuti prosedur operasional.
Markobar memiliki tiga konsep tempat yang bisa dipilih. Pertama, tipe island dengan konsep take away dengan luas 9 meter persegi. Dalam konsep ini, disediakan investasi awal berupa booth, alat-alat, stationary, dan seragam untuk karyawan.
Kedua adalah tipe container dengan konsep take away dan luas lahan 18 meter persegi. Investasi awal yang disediakan adalah kontainer seluas 20 feet, peralatan, stationary, dan seragam untuk karyawan.
Sementara yang ketiga adalah tipe kafe dengan konsep take away dan makan di tempat seluas 150 meter persegi. Investasi awal yang disediakan berupa peralatan, stationary, seragam untuk karyawan, tempat duduk, papan nama, dan dekorasi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik untuk menjadi mitra waralaba Markobar?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan