Bisnis
·
29 Juli 2021 12:44
·
waktu baca 1 menit

McDonald's Raup Laba Bersih Rp 32,1 Triliun Berkat Jualan BTS Meal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
McDonald's Raup Laba Bersih Rp 32,1 Triliun Berkat Jualan BTS Meal  (1104339)
searchPerbesar
Chicken mcnugget The BTS Meal dengan cocolan saus sweet chilli Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
McDonald's melaporkan laba perusahaan melonjak berkat penjualan BTS Meal. Menu yang terinspirasi oleh Boy Band K-Pop Korea Selatan, berhasil membuat makanan cepat saji asal Amerika Serikat cuan banyak.
ADVERTISEMENT
Mengutip laporan Reuters, Kamis (29/7), laba bersih McDonald's sepanjang kuartal II 2021 mencapai USD 2,22 miliar atau Rp 32,1 triliun (kurs Rp 14.500).
Adapun total pendapatan McDonald's naik 57 persen menjadi USD 5,89 miliar atau Rp 85,4 triliun (kurs Rp 14.500) dalam tiga bulan yang berakhir 30 Juni 2021. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, McDonald's pendapatan menurun 30 persen akibat pandemi.
"BTS Meal mendorong kunjungan ke restoran kami dan peningkatan signifikan dalam penjualan Chicken McNuggets – salah satu item menu inti kami," kata McDonald.
Selain itu, McDonald's juga melaporkan penjualan restoran mereka juga hingga 40,5 persen pada kuartal kedua dan melampaui tingkat pra-pandemi 2019 untuk kuartal kedua berturut-turut.
McDonald's Raup Laba Bersih Rp 32,1 Triliun Berkat Jualan BTS Meal  (1104340)
searchPerbesar
BTS di Jembatan World Cup Seoul Foto: [email protected]_bighit
Pada tahun lalu, saat dilakukan pengetatan di berbagai negara akibat pandemi COVID-19, makanan cepat saji ini dinilai cukup berhasil melewati masa krisisnya dengan layanan drive-thru, harga yang kompetitif, dan fokus yang tajam pada item menu inti yang mendorong permintaan.
ADVERTISEMENT
Penjualan McDonald melonjak dari item menu baru, terutama makanan selebriti BTS dan sandwich ayam renyahnya yang diluncurkan di Amerika Serikat, membantunya mengatasi kekurangan tenaga kerja di seluruh industri dan biaya bahan yang lebih tinggi.
Makanan boy band peraih nominasi Grammy ini diluncurkan di hampir 50 negara dengan menu ayam McNuggets, kentang goreng, dan dua saus.
Peluncuran makanan edisi terbatas telah memicu kehebohan di antara basis penggemar besar band dan memaksa McDonald's untuk menutup beberapa gerai di Indonesia.