kumparan
7 Oktober 2019 15:52

Melihat Fasilitas Stasiun Kereta Bandara di Manggarai

Suasana di KA Bandara Stasiun Manggarai. Foto: Moh Fajri/kumparan
Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta sudah bisa digunakan melalui Stasiun Manggarai sejak 5 Oktober 2019. Sedari sekitar pukul 09.00 WIB, masyarakat terlihat silih berganti memasuki peron kereta bandara yang berdampingan dengan peron KRL.
ADVERTISEMENT
Di depan peron sudah terlihat petugas yang mengarahkan para penumpang yang akan menggunakan KA Bandara. Selain dari pintu utama, masyarakat yang semula naik KRL bisa langsung menuju ke peron KA Bandara.
“Aksesnya ada 2. Dari transit KRL lalu naik untuk membeli tiket di lantai 1. Kita juga ada akses umum dari Saharjo lobi barat,” kata GM Kereta Bandara Stasiun Manggarai, Tommy, kepada kumparan, Senin (7/10).
Penumpang membeli tiket di KA Bandara Stasiun Manggarai. Foto: Moh Fajri/kumparan
Saat memasuki stasiun dan naik eskalator, petugas juga terlihat menyambut para penumpang yang memerlukan bantuan, khususnya dalam membeli tiket. Petugas kebersihan juga terpantau rutin memeriksa berbagai fasilitas yang ada.
Hal itu membuat fasilitas yang tersedia di Stasiun KA Bandara di Manggarai masih terjaga dengan baik. Fasilitas yang bisa dinikmati penumpang sambil menunggu jadwal kereta salah satunya adalah charging booth.
Suasana di KA Bandara Stasiun Manggarai. Foto: Moh Fajri/kumparan
Ada sekitar 32 colokan yang bisa digunakan untuk mengisi daya sembari menunggu kereta bandara. Lokasi charging booth ini berada tepat di samping ruang tunggu.
ADVERTISEMENT
Ruang tunggu penumpang juga terasa nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan yang masih berfungsi dengan baik. Musala juga disediakan di Stasiun KA Bandara ini.
Suasana di KA Bandara Stasiun Manggarai. Foto: Moh Fajri/kumparan
Selain itu, ada fasilitas toilet untuk pria, wanita, dan difabel. Petugas kebersihan terlihat bolak-balik memastikan toilet sudah dibersihkan.
“Toilet difabelnya kita menggunakan sensor. Ruang tunggu. Semua sudah berfungsi,” ujar Tommy.
Suasana di KA Bandara Stasiun Manggarai. Foto: Moh Fajri/kumparan
Pengeras suara yang dipakai untuk memberitahukan kedatangan atau keberangkatan kereta juga masih terdengar jernih. Meski begitu, petugas tetap mengingatkan secara langsung para penumpang yang sudah memegang tiket agar tidak ketinggalan kereta.
Untuk menikmati kereta bandara dari Stasiun Manggarai, saat ini tarifnya masih Rp 40.000 sampai akhir Oktober. Kereta bandara di Stasiun Manggarai berangkat sekitar 30 menit sekali.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, masyarakat hanya bisa menggunakan kereta bandara melalui Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper untuk menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan