Mengembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler, Apa Strateginya?

8 Agustus 2022 18:51
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi produk bisnis kuliner. Foto: Shutterstock
Dibandingkan bisnis lain, kuliner termasuk peluang usaha yang banyak diminati. Faktornya beragam, mulai dari pangsa pasar yang besar, modal yang tidak terlalu besar, serta variasi produk yang membuat para pelaku bisnis mempunyai banyak pilihan untuk dijual.
Belum lagi pengaruh sektor digital yang memudahkan para konsumen memesan makanan atau minuman dari mana saja. Salah satu perusahaan teknologi penyedia software untuk operasional bisnis kuliner di Indonesia bahkan mencatat total transaksi bisnis kuliner lebih dari Rp 5 triliun hingga akhir kuartal I 2022.
Di sisi lain, Bank Indonesia telah merangkul 1.140 UMKM kuliner yang potensial untuk dibiayai oleh perbankan. Bukan tidak mungkin jumlah ini bisa bertambah seiring dengan pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia.
Bagi para pelaku usaha, diperlukan strategi yang tepat agar bisnis kuliner yang dijalani tidak kalah saing dengan kompetitor. Sebab, banyaknya bisnis kuliner justru berpotensi menghadirkan variasi produk yang serupa. Bila sudah begitu, konsumen akan memilih produk yang membuatnya tertarik dan kembali ke toko yang sama.

Gandeng Pakar Bisnis Kuliner, Blibli Hadirkan Roadshow di Bogor

Untuk mendukung potensi Seller dalam mengembangkan bisnis memanfaatkan platform digital, Blibli menggelar Blibli Offline Roadshow di berbagai kota. Di ajang ini, pelaku usaha dapat datang menyimak langsung kiat bisnis di dunia digital bersama para ahli dan rekan seller yang sudah berpengalaman.
Setelah sukses digelar di Jakarta dan Depok, kini Blibli Offline Roadshow melanjutkan perjalanannya di Bogor. Mengangkat tema "Rahasia Kembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler", roadshow kali ini mengundang Owner Dapur Cihuy, Devi Maharani, dan Community Team at Blibli, Zahra Ilmiyati Hadi.
Roadshow Rahasia Kembangkan Bisnis Kuliner yang Bikin Ngiler bersama Blibli. Foto: dok. Blibli
Dipandu oleh Aga Gonzaga, keduanya siap berbagi resep mengembangkan bisnis kuliner yang mampu menggaet banyak konsumen. Digelar di Luberger Bogor, Blibli Offline Roadshow Bogor berlangsung pada Rabu, 10 Agustus 2022, pukul 15:00 - 17:00 WIB.
Selain sesi sharing, Anda pun dapat mengikuti Game Session (Promo Berantai) dari Blibli dengan berbagai hadiah menarik. Mingle Session akan dihadirkan sebagai penutup untuk membuka kesempatan bagi sesama peserta untuk ngobrol seputar bisnis kuliner di Blibli.
Menarik, bukan? Untuk mengikutinya, Anda dapat bergabung dengan komunitas Blibli Seller dengan follow Instagram @blibliseller di sini. Melalui komunitas ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai jadwal aktivitas yang akan menunjang peningkatan performa penjualan online.
Tak hanya workshop yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia, ada pula training online dan offline, sharing informasi berbagai pengalaman dan tips mengenai berjualan dengan sesama komunitas, serta pemberian edukasi dari tim Blibli.
Sebagai platform omnichannel commerce dan gaya hidup Indonesia, Blibli juga menghadirkan Blibli Resto, kategori produk khusus untuk tempat makan dan aneka produk kuliner. Blibli Selain itu, pelaku usaha kuliner juga dapat membeli bahan baku via Bliblimart yang menyediakan berbagai bahan makanan dan bumbu dapur memanfaatkan fasilitas pengiriman 2 Jam Sampai, dan gratis ongkir berkali-kali.
Blibli juga memiliki ragam program serta benefit bagi para pelaku usaha yang bergabung. Seperti adanya program bebas biaya ongkir seluruh logistik termasuk fitur pengiriman Instant dan SameDay, serta modal promosi hingga Rp 5,4 juta.
Seller pun dapat memanfaatkan layanan yang diberikan Blibli kepada para pelanggan. Mulai dari pilihan metode pembayaran seperti kartu kredit, e-wallet, hingga bank digital blu, atau layanan Customer Service 24/7.
Yuk, buka toko di Blibli dan ikuti kegiatan serunya sekarang!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Blibli