Mengenal Alam Hijau Anagata (AHA), Token Kripto yang Ramah Lingkungan

18 Maret 2022 12:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Token Kripto AHA.  Foto: Dok. Token AHA
zoom-in-whitePerbesar
Token Kripto AHA. Foto: Dok. Token AHA
ADVERTISEMENT
Mata uang kripto atau cryptocurrency yang saat ini tengah digandrungi di dunia investasi disebut tak ramah lingkungan. Musababnya, menambang kripto butuh banyak sumber energi, terutama berasal dari listrik berbahan bakar batu bara.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan perkembangan dan meluasnya pasar, kini ada token kripto yang mengusung misi pengurangan emisi karbon. Token tersebut bernama Alam Hijau Anagata atau AHA. Token kripto asli Indonesia ini memiliki tujuan mengawasi transisi energi dan berkontribusi pada proyek energi hijau seperti perdagangan karbon, konservasi pengolahan air dan udara, atau entitas lain yang memiliki nilai bisnis.
Dikutip dari white paper AHA, token ini akan fokus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di Indonesia. Tujuannya, mencapai bauran energi 23 persen dari energi baru terbarukan (EBT) pada tahun 2025, sesuai target pemerintah.
"Proyek Solar PV dan Carbon Trade Platform akan menjadi fokus Anagata sebagai proyek dasar. Sebagai negara di bawah garis khatulistiwa, Indonesia memiliki potensi 207 GW (GigaWatt) proyek PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan estimasi nilai USD 140 miliar dan pengurangan CO2 miliaran ton," berikut penjelasan Token AHA, dikutip kumparan Jumat (18/3).
ADVERTISEMENT
Selain itu, token kripto AHA mengeklaim menyediakan transaksi yang aman dan menguntungkan semua investor. Hal ini didukung dengan sistemnya menggunakan decentralized yield-generation utility eco-token, yang didasarkan pada teknologi Binance Smart Chain (BSC).
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Beberapa keunggulan dari token AHA ini yaitu pertama, token AHA diperdagangkan dengan token dan koin yang stabil dengan harga yang tidak terlalu fluktuatif di pasar, serta transaksinya mudah, aman, dan rahasia karena terhubung dengan sistem yang terdesentralisasi.
Pengunjung melihat grafik harga terbaru berbagai cryptocurrency. Foto: Soe Zeya Tun/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Pengunjung melihat grafik harga terbaru berbagai cryptocurrency. Foto: Soe Zeya Tun/REUTERS
"Token Anagata mengenakan biaya transaksi kecil, biaya untuk setiap transaksi yang hanya 6 persen, dibagi 3 persen untuk refleksi ke pemegang lain, 2 persen untuk dana amal dan 1 persen untuk pemeliharaan sistem," katanya.
Selain koin kripto, token AHA juga akan meluncurkan produk game yang mendukung penanaman pohon asli di beberapa wilayah, serta akan membuat NFT dengan melibatkan komunitas yang berpola pikir go green.
ADVERTISEMENT
Adapun harga 1 token AHA saat ini dipatok 0.0035 BUSD. Token kripto yang resmi diluncurkan Desember 2021 lalu ini sedang dalam tahapan pre sale mulai 1 Maret 2022 hingga 20 April 2022. Public sale token ini akan dibuka mulai 22 April 2022.
****
Kuis kumparanBISNIS hadir lagi untuk bagi-bagi saldo digital senilai total Rp 1,5 juta. Kali ini ada kuis tebak wajah, caranya gampang! Ikuti petunjuknya di LINK INI. Penyelenggaraan kuis ini waktunya terbatas, ayo segera bergabung!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G