Bisnis
·
11 April 2019 14:17

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan PT PAL

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan PT PAL (115363)
Kapal selam diesel wlwctric u209/1400 PT PAL. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
PT PAL Indonesia (Persero) meluncurkan produk kapal selam pertama yang diberi nama Alugoro yang dipesan TNI Angkatan Laut. Kapal ini merupakan hasil dari skema alih teknologi antara Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan dengan PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya.
ADVERTISEMENT
PT PAL merupakan BUMN produsen kapal, baik kapal militer maupun niaga.
Nama Alugoro diambil dari cerita pewayangan. Alugoro adalah salah satu senjata berbentuk Gada milik Prabu Baladewa. Senjata Alugoro yang dimiliki Prabu Baladewa merupakan hadiah dari Batara Brama, yang merupakan guru dari Prabu Baladewa yang mengajarkan berbagai macam ilmu. Senjata ini diberikan oleh Batara Brama kepada Baladewa setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu, senjata ini memiliki kekuatan pemusnah yang sangat dahsyat.
Mengenal Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan PT PAL (115364)
Kapal selam diesel wlwctric u209/1400 PT PAL. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Kapal Selam Alugoro ini berjenis Diesel Electric Submarine U209/1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class) dengan panjang keseluruhan 61,3 meter. Kapal selam ini berkapasitas 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan didesain dengan life time mencapai 30 tahun.
Total bobot kapal selam ini sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan. Sedangkan, saat menyelam di bawah permukaan berbobot sebesar 1.596 ton. Kapal selam Alugoro memiliki kecepatan mencapai 21 knot ketika di bawah air. Kapal ini merupakan kapal ketiga yang diserahkan ke TNI AL. Total investasi 3 kapal selam tipe U209 sebesar USD 1.140 juta.
Mengenal Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan PT PAL (115365)
Suasana launching ceremony dan ship naming kapal selam diesel wlwctric u209/1400 PT PAL oleh Menham Ryamizard Ryacudu. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu mengaku bangga Indonesia dapat membuat kapal selam ketiga ini secara mandiri. Meski, dalam pengerjaan tetap dituntun dengan bantuan Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Ryamizard menyebut, kapal selam ini dilengkapi dengan teknologi modern dan canggih. Sementara, dia enggan membeberkan secara detail tentang kecanggihan kapal itu.
"Tanggapannya senang, bangga pasti. Harusnya bangsa ini senang. Ini yang ketiga, kemudian yang kelima buat sendiri, tanpa bantuan Korea, ini masih dibantu. Nanti bisa buat sendiri untuk dijual," ujar Ryamizard usai meresmikan nama kapal selam Alugoro, di dermaga PT PAL, Surabaya, Kamis (11/4).
Mengenal Alugoro, Kapal Selam Pertama Buatan PT PAL (115366)
Launching ceremony dan ship naming kapal selam diesel wlwctric u209/1400 PT PAL oleh Menham Ryamizard Ryacudu (kiri). Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Sementara, menurut Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Turitan Indaryo, ukuran kapal selam Alugoro ini cocok digunakan untuk perairan Indonesia. Geografi Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang perlu dijaga kedaulatannya.
"Itu karena perluasan perairan kita sangat besar. Masing-masing pulau butuh pengamanan sehingga dimensi ini sangat optimal untuk menjaga keamanan teritori perairan Indonesia," jelasnya.
ADVERTISEMENT