kumparan
24 Januari 2019 7:18

Mengenal Bisnis Menantu Jokowi yang Garap Proyek Rumah Bersubsidi

Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah
Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah (Foto: Biro Pers Setpres)
Muhammad Bobby Afif Nasution menggarap proyek rumah bersubsidi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bobby yang juga merupakan menantu Presiden Jokowi, menggarap proyek properti tersebut melalui perusahaan miliknya yakni PT Wirasena Citra Reswara (WCR).
ADVERTISEMENT
"Ini merupakan program Nawacita yang bekerja sama dengan pemerintah dan Bank Tabungan Negara (BTN). Semua anggaran pun sesuai aturan pemerintah, begitu juga perbankan sesuai yang ditunjuk pemerintah," kata Bobby saat peluncuran Rumah Bersubsidi di Kabupaten Sukabumi, Senin (21/1), seperti dikutip dari Sukabumi Update.
Bisnis properti bukanlah bidang baru yang dimasuki pria 28 tahun itu. Lulusan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor atau IPB itu, sudah mulai menggarap proyek properti pertamanya sejak masih berusia 20 tahun.
Pada sekitar tahun 2011, dia membeli rumah untuk kemudian direnovasi. Lalu rumah yang telah diperbaiki itu, dia jual kembali dengan harga lebih baik. Pola bisnis seperti itu dia lakukan berulang kali, sampai akhirnya terlibat di proyek yang lebih besar yakni Malioboro City di Yogyakarta.
Jokowi dan Keluarga Santai di Green Garden, Kebun Raya Bogor
Presiden Joko Widodo dan Keluarga Santai di Green Garden, Kebun Raya Bogor. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Sehingga proyek properti garapan PT Wirasena Citra Reswara di Kabupaten Sukabumi, bukanlah kiprah pertamanya di Pulau Jawa. Perusahaan Bobby sendiri berbasis di Medan, Sumatera Utara. Dalam struktur organisasi di perusahaan tersebut, suami dari Kahiyang Ayu itu menjabat Presiden Komisaris yang juga merepresentasikan pemilik perusahaan.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs resmi perusahaannya, lingkup bisnis PT Wirasena Citra Reswara di properti tak hanya di pembangunan rumah atau sebagai pengembang. Tapi juga merambah ke urusan pembebasan lahannya.
PT Wirasena Citra Reswara juga telah tercatat sebagai anggota asosiasi, yakni Real Estat Indonesia atau REI. Ketua Umum Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengaku mengenal Bobby Nasution karena juga masuk ke dalam struktur kepengurusan REI.
"Dia kan pengurus REI. Wasekjen bidang perizinan," kata Soelaeman kepada kumparan.
Menurut dia, Bobby dikenal sebagai pengusaha properti untuk hunian menengah ke bawah yang banyak tersebar di Kota Medan, Sumatera Utara.
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Proyek rumah bersubsidi yang dibangun Bobby di Sukabumi, bernama Sukabumi Sejahtera I. Lokasinya di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. PT Wirasen Citra Reswara (WCR) akan membangun 1.800 unit rumah di atas lahan 15 hektare. Tahap awal, hunian yang dibangun mencapai 500 unit rumah.
ADVERTISEMENT
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN membenarkan menyalurkan kredit konstruksi ke proyek tersebut. Walaupun, dari 1.800 unit rumah yang dibangun, BTN hanya mengambil porsi 1.000 unit rumah.
“Proses pemberian kredit pada proyek tersebut telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada umumnya. Proyek itu juga telah memenuhi syarat sebagai proyek perumahan yang layak diberikan kredit konstruksi bank dengan bunga pasar atau komersial,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul kepada kumparan, Rabu (23/1).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan