Mengenal Gaya Kepemimpinan President Director KB Bukopin, Rivan Purwantono

13 Juli 2021 13:04
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Berbicara soal cara terbaik untuk menjadi pemimpin, setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Ada yang menganggap sosok pemimpin sebagai seorang yang harus mengayomi dan mau terus merangkul, namun ada pula yang lebih menyukai jika pemimpinnya bersikap keras.
Tak jarang, kita pun menemui beberapa keadaan ketika pemimpin diminta untuk terjun langsung ke lapangan. Ada yang tak menunggu lama dan langsung hadir di lokasi, ada yang lebih suka mengajak banyak orang, dan ada juga mereka yang lebih memilih untuk mendelegasikan tugas tersebut kepada orang lain.
Lantas, apa arti kepemimpinan yang sesungguhnya?
Pada kesempatan ini, kumparan bertemu dan berbincang bersama President Director di PT Bank KB Bukopin, Tbk, Rivan Purwantono, untuk bertanya tentang perspektifnya mengenai kepemimpinan yang sejati.
Bank KB Bukopin. Dok. YouTube/kumparan.
zoom-in-whitePerbesar
Bank KB Bukopin. Dok. YouTube/kumparan.

Rivan Purwantono: Pemimpin Harus Bisa Melayani

“Pekerjaan apa, sih, yang tidak melayani orang lain? Melayani eksternal maupun internal. Coba kalau semua pemimpin bisa melayani anak buahnya dengan baik, mendengarkan dengan baik. Semua akan berdampak baik,” pungkas Rivan yang pertama kali memulai jenjang karier di dunia perbankan sebagai Customer Service Representative.
Di antara banyaknya definisi kepemimpinan, Rivan menggunakan kata “melayani” untuk memaknai pekerjaannya sekarang. Baginya, hati dan integritas yang dapat melayani sesama adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.
President Director di PT Bank KB Bukopin, Tbk, Rivan Purwantono. Dok. YouTube/kumparan.
zoom-in-whitePerbesar
President Director di PT Bank KB Bukopin, Tbk, Rivan Purwantono. Dok. YouTube/kumparan.
Integritas yang ia tunjukkan tertuang dalam sebuah kegigihan untuk melangkah lebih jauh dan lebih tinggi. Karenanya, Rivan kemudian diangkat menjadi Private Banking Group Head di Bukopin pada 2006.
Belasan tahun memberikan dedikasi terbaik, pengabdian Rivan ternyata harus berlanjut ke tempat lain. Pada Mei 2020, ia menjadi Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia. Namun, takdir membawanya kembali ke dunia perbankan. Satu bulan setelahnya, Rivan justru diberi kepercayaan untuk menjadi President Director PT Bank KB Bukopin, Tbk.
Bekerja untuk salah satu bank terbesar di Indonesia, apa yang menjadi mindset dan rahasianya supaya dapat menjadi pemimpin yang baik?
Sekarang, waktunya menjadi saksi dan dengarkan kisahnya, hanya dalam episode “#TheCEO: Rivan Purwantono, Pemimpin Harus Bisa Melayani”. Saksikan wawancara tim kumparan dengan Rivan lewat video di atas atau semudah klik di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan PT Bank KB Bukopin, Tbk