Mengintip Fasilitas di Toyota xEV Center yang Diresmikan Kemenperin

19 Mei 2022 21:26
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengintip Fasilitas di Toyota xEV Center yang Diresmikan Kemenperin (40919)
zoom-in-whitePerbesar
Fasilitas Toyota xEV Center di Karawang. Foto: Akbar Maulana/kumparan
ADVERTISEMENT
Toyota xEV Center baru saja diresmikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada, Kamis (19/5). Fasilitas tersebut merupakan milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).
ADVERTISEMENT
Toyota xEV Center adalah fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi dan energi hijau yang berfungsi sebagai edukasi masyarakat melalui kolaborasi tiga instansi, yakni pemerintah, instansi pendidikan dan industri otomotif.
Toyota xEV Center didirikan di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2. Proses pembangunan fase pertama berlangsung sejak Juli 2020.
Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, membeberkan nilai investasi dari fasilitas tersebut mencapai Rp 30 miliar.
“Kisarannya di atas Rp 20 sampai Rp 30 miliar. Itu fase satu. Nanti ada fase dua, kita mau bikin renewable energi,” kata Bob Azam saat ditemui di Karawang, Kamis (19/5).
Bob menjelaskan angka Rp 30 miliar itu hanya untuk fasilitas tahap pertama saja. Sementara tahap kedua, TMMIN nantinya akan membangun fasilitas energi baru terbarukan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Mengintip Fasilitas di Toyota xEV Center yang Diresmikan Kemenperin (40920)
zoom-in-whitePerbesar
Fasilitas Toyota xEV Center di Karawang. Foto: Akbar Maulana/kumparan
“Nanti ada fase dua kita mau bikin renewable energi. Itu kita akan mendatangkan hidrogen. Satu mobil hidrogen harganya mungkin Rp 2 miliar lebih,” ujarnya.
Pada fase pertama ini, Toyota xEV Center difokuskan untuk menyajikan beragam informasi terkait elektrifikasi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga battery electric vehicle (BEV).
Selain itu, di bagian luar juga dilengkapi dengan Outdoor Charging Station. Fasilitas ini untuk memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi.
Tak sampai situ, pada fase kedua nanti TMMIN juga akan membuat showcase pembangkit listrik dengan kincir air, kincir angin hingga solar panel.
“Biar nanti siswa yang datang, seeing for believing. Bisa lihat teknologi. Di negara lain kan punya showcase-showcase, di kita itu agak kurang,” jelas dia.
Mengintip Fasilitas di Toyota xEV Center yang Diresmikan Kemenperin (40921)
zoom-in-whitePerbesar
Fasilitas Toyota xEV Center di Karawang. Foto: Akbar Maulana/kumparan
Saat ini fasilitas Toyota xEV Center masih diperuntukkan untuk keperluan pembelajaran dari instansi pendidikan seperti universitas saja. Namun ke depannya fasilitas ini dapat diakses masyarakat umum secara leluasa.
ADVERTISEMENT
“Kita berharap bisa dikembangin di universitas-universitas. Saya harap ada copy serupa. Makannya mulai minggu depan kita mulai bikin series seminar di 7 universitas mengenai karbon netral dan nitrifikasi. Di situ kita akan mengundang mahasiswa,” tutur Bob.