kumparan
search-gray
Bisnis5 Mei 2019 11:19

Mentan: Harga Bawang Putih Tak Boleh Lebih dari Rp 30 Ribu per Kg

Konten Redaksi kumparan
Mentan: Harga Bawang Putih Tak Boleh Lebih dari Rp 30 Ribu per Kg (988278)
Gelar Operasi Pasar Bawang Putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: Elsa Toruan/kumparan
Kementerian Pertanian menggelar operasi pasar bawang putih serentak di sejumlah kota di Indonesia. Operasi pasar ini melibatkan sejumlah importir yang telah mendatangkan bawang putih dari China.
ADVERTISEMENT
Menteri Pertanian Amran Sulaiman meyakini operasi pasar ini dapat menurunkan harga. Ia meminta agar harga bawang putih sampai ke konsumen maksimal Rp 30 ribu per kg.
"(Maksimal harga) Rp 30 ribu per kg di tingkat konsumen," kata Amran saat operasi pasar di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (5/5).
Dia tak mau tahu berapa harga yang dipatok oleh importir kepada pedagang. Yang jelas, Amran ingin bahwa harga dapat terjangkau oleh masyarakat.
"Rahasia mereka (harga ke pedagang). Kami terima laporan di konsumen maksimal Rp 30 ribu. Era terbuka, kalau masih ada harga seperti sekarang laporkan," ucapnya.
Mentan: Harga Bawang Putih Tak Boleh Lebih dari Rp 30 Ribu per Kg (988279)
Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina (kanan) mengecek bawang putih yang dibeli salah satu pedagang. Foto: ANTARA FOTO/Feny Selly
Operasi pasar serentak ini tak hanya diselenggarakan di Jakarta. Sejumlah kota lainnya di antaranya Surabaya, Medan, dan Makassar.
ADVERTISEMENT
"Serentak. Importir langsung operasi pasar karena langsung jual harga di bawah. Pasti turun," kata Amran.
Dalam rangka menyambut Ramadhan ini, setidaknya ada 100 ribu ton bawang putih impor dari China. Harapannya jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan menurunkan harga.
"Kami siapkan 100 ribu ton lebih bulan Ramadhan, padahal kebutuhan hanya 50 ribu ton. Karena itu, kami minta, seluruh importir harus bertanggung jawab harga turun, dari Rp 46 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg," tegasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white