Bisnis23 April 2020 8:09

Minyak Lagi Murah, Harga BBM Indonesia Ternyata Lebih Mahal dari Vietnam

Konten Redaksi kumparan
Minyak Lagi Murah, Harga BBM Indonesia Ternyata Lebih Mahal dari Vietnam (1072724)
SPBU 34.102.06 yang berada di Hang Lekir Gelora Foto: Ela Nurlaela/kumparan
Harga minyak mentah dunia kian terpuruk lantaran menurunnya permintaan akibat virus corona yang merebak di berbagai negara. Saking terpukulnya, harga minyak berjangka WTI sempat anjlok 302,57 persen menjadi minus USD 37,91 per barel pada Selasa (21/4), terendah dalam sejarah.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, meski harga minyak mentah terus merosot, harga BBM di Indonesia justru tak kunjung turun. Bahkan, harga BBM yang semula diklaim oleh Dirut Pertamina Nicke Widyawati lebih murah dibanding Vietnam, kenyataannya malah lebih mahal.
Berikut fakta-fakta terkait anjloknya harga minyak dan harga BBM Indonesia yang tak kunjung turun:

Pemerintah Malaysia Sudah 6 Kali Menurunkan Harga BBM

Anjloknya harga minyak dunia itu direspons oleh pemerintah Malaysia dengan menurunkan harga BBM hingga 6 kali.
Dikutip dari imoney.my, BBM RON 95 atau yang setara Pertamax Plus, pekan ini dipatok di harga 1,25 ringgit atau Rp 4.420 per liter. Harga itu lebih murah dibanding BBM jenis Premium (RON 88) di Indonesia yang masih dijual Rp 6.450 per liter.
Minyak Lagi Murah, Harga BBM Indonesia Ternyata Lebih Mahal dari Vietnam (1072725)
Petugas mengisi bahan bakar pertamax di SPBU Pertamina. Foto: Dok. Pertamina
Sementara BBM RON 97 di Malaysia, dijual 1,55 ringgit atau sekitar Rp 5.473 per liter. Jauh lebih murah dengan BBM Pertamax Turbo dengan RON 98 yang harganya Rp 9.850 per liter.
ADVERTISEMENT

Dirut Pertamina Klaim Harga BBM Lebih Murah Dibanding Negara Asia Tenggara Selain Malaysia

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengakui jika harga bensin Malaysia lebih murah dibandingkan Indonesia. Kendati begitu, Nicke membandingkan bahwa harga yang saat ini dipatok di Indonesia masih tergolong murah jika dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara.
"Di negara lain seperti Filipina, Kamboja, Thailand, Singapura, Laos, Vietnam itu (harga BBM) lebih mahal," kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Selasa (21/4).
Sedangkan untuk harga BBM diesel, kata Nicke, Indonesia bahkan paling murah dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Harga BBM diesel yang dijual Pertamina USD 0,03 per liter, sedangkan Malaysia lebih tinggi yakni USD 0,52 per liter.
ADVERTISEMENT

Faktanya, Harga BBM Vietnam Lebih Murah dari Indonesia

Dikutip dari globalpetrolprices.com, harga bensin RON 95 di Vietnam pada 20 April 2020 sebesar USD 0,51 per liter atau setara dengan Rp 8.000 per liter (kurs dolar Rp 15.700). Sedangkan di Indonesia bensin RON 95 harganya USD 0,58 per liter atau sekitar Rp 9.100 per liter.
Ternyata harga BBM di Vietnam lebih murah, tak sesuai dengan klaim Dirut Pertamina. Bahkan, untuk di Asia Tenggara secara keseluruhan, terdapat 3 negara yang harga bensinnya lebih murah dibanding Indonesia.
Selain Malaysia dan Vietnam yang sudah disebutkan, harga bensin di Myanmar juga lebih murah dibanding Indonesia, yakni USD 0,44 per liter (Rp 6.900 per liter).
***
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white