kumparan
search-gray
Bisnis24 Mei 2020 10:22

Nasihat Investasi Saham dari Warren Buffett

Konten Redaksi kumparan
Nasihat Investasi Saham dari Warren Buffett (498248)
Warren Buffett Foto: Reuters
Berinvestasi memang tidak bisa sembarangan. Harus dipikirkan secara matang agar investasi yang kita lakukan bisa menguntungkan di kemudian hari atau dalam jangka panjang.
ADVERTISEMENT
Legenda investor Warren Buffett memberikan tips kepada masyarakat yang mulai berinvestasi. Ia menyarankan agar tetap sederhana dan mempercayai dana indeks ketika datang untuk menginvestasikan uang.
"Saya tidak berpikir kebanyakan orang berada dalam posisi untuk memilih saham tunggal," katanya dalam pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway, yang diadakan hampir tahun ini dari Omaha, Nebraska, dilansir dari CNBC, Minggu (24/5).
“Beberapa, mungkin, tetapi secara seimbang, saya pikir orang-orang jauh lebih baik membeli penampang Amerika dan hanya melupakannya."
Dengan kata lain untuk beli dana indeks berbiaya rendah, Buffett merekomendasikan S&P 500 yang menampung 500 perusahaan terbesar di AS, dari Google ke Disney hingga ExxonMobil dan tahan untuk jangka waktu yang lama.
Menggunakan dana indeks adalah strategi investasi pasif yang memungkinkan untuk mengambil keuntungan dari keberhasilan perusahaan besar tanpa risiko yang terkait dengan pembelian saham individu. Hampir tidak mungkin bagi investor rata-rata untuk secara konsisten memilih saham yang tepat untuk mengalahkan pasar.
Nasihat Investasi Saham dari Warren Buffett (498249)
Ilustrasi pergerakan saham. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Studi menunjukkan lebih baik memiliki seluruh pasar dengan dana indeks berbiaya rendah. Ini juga menghilangkan risiko perusahaan yang signifikan dari saham individu secara drastis berkinerja buruk di pasar.
ADVERTISEMENT
Daripada memiliki hanya satu atau beberapa saham, lebih baik memiliki banyak perusahaan yang berbeda. Beberapa saham kemungkinan akan lepas landas, sementara yang lain akan tetap netral dan beberapa akan turun.
Buffett bukan satu-satunya ahli yang memperjuangkan dana indeks. Perencana keuangan bersertifikat Peter Mallouk mengatakan bahwa jika masyarakat siap untuk terjun ke pasar maka harus memasukkan uang hanya dalam satu S&P 500.
“Ini adalah investasi biaya terendah yang ada. Anda dapat membelinya di kustodian diskon, seperti TD Ameritrade, Fidelity atau Charles Schwab, di mana biaya perdagangan sangat rendah. Dan dengan 500 saham itu, Anda sekarang memiliki sekitar 80 persen dari kapitalisasi pasar di seluruh Amerika Serikat,” ujar Mallouk.
Dengan kata lain, dana S&P 500 mencakup sekitar 80 persen dari pasar saham AS. Sehingga merupakan cara yang mudah dan terjangkau bagi investor untuk menangkap kinerja pasar saham AS inti.
ADVERTISEMENT
“Anda memiliki paparan global, karena perusahaan-perusahaan ini mendapatkan banyak penghasilan di luar negeri: McDonald memiliki toko di Cina, dan Walmart memiliki lokasi di Eropa. Jadi Anda berakhir dengan portofolio berbiaya rendah dan beragam yang diinvestasikan dalam ekonomi global,” terang Mallouk.
Singkatnya, jika mencari tempat yang baik dan dapat diandalkan untuk menginvestasikan uang, gunakan dana indeks berbiaya rendah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white