Bisnis
·
28 Maret 2020 12:26

Optimalkan Social Distancing di Yogya, Bandara YIA Beroperasi Penuh Besok

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Optimalkan Social Distancing di Yogya, Bandara YIA Beroperasi Penuh Besok (136007)
Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
PT Angkasa Pura I (Persero) akan mengoperasikan penuh Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu (29/3). Nantinya seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan dipindah ke Bandara YIA.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, pengoperasian bandara baru ini akan berlaku secara penuh baik domestik maupun internasional.
“Kita akan segera mengoperasikan banda 29 Maret 2020. Direncanakan besok pagi pengoperasian perdana secara penuh,” katanya saat konferensi video, Sabtu (28/3).
Optimalkan Social Distancing di Yogya, Bandara YIA Beroperasi Penuh Besok (136008)
Suasana Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulon Progo, DIY. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Bandara Kulon Progo akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara untuk bandara Adisutjipto sudah melebihi kapasitas yaitu sebesar 8 juta penumpang per tahun, padahal kapasitasnya hanya sebesar 1,8 juta.
“Karena memang sudah kita siapkan 20 juta (penumpang) per tahun,” imbuhnya.
Bandara ini juga akan melayani selama 24 jam dengan kapasitas penerbangan sebanyak 168 per hari. Dengan runway sepanjang 3.250 meter, Faik bilang bandara ini sudah bisa menampung pesawat panjang dan berat. Salah satunya seperti Airbus 380.
ADVERTISEMENT
“Runway terbaik 3250 meter, Airbus 380. Bisa mendarat,” katanya.
Menurut dia ketika Bandara Kulon Progo beroperasi penuh, antisipasi penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan maksimal. Menengok kapasitas bandara ini jauh lebih luas dibanding bandara eksisting sehingga bisa memaksimalkan social distancing.
"Terkait merebaknya virus corona, sulit untuk AP I terapkan social distancing karena kapasitas tidak memadai," ucap Faiq.