kumparan
search-gray
Bisnis30 Juli 2020 17:24

Pasar Lesu, Adaro Pangkas Produksi Batu Bara hingga 5,8 Juta Ton

Konten Redaksi kumparan
Pasar Lesu, Adaro Pangkas Produksi Batu Bara hingga 5,8 Juta Ton (638127)
Tambang batu bara Adaro, Kalimantan Selatan. Foto: Michael Agustinus/kumparan
Harga batu bara sedang dalam tren penurunan sejak Word Health Organization (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi pada pertengahan Maret lalu. Serapan pasar global minim, stok batu bara di India dan China menumpuk.
ADVERTISEMENT
Pada Februari lalu, Harga Batubara Acuan (HBA) masih USD 67,08 per ton dan kini merosot ke USD 52,16 per ton. Pandemi COVID-19 membuat pergerakan ekonomi jadi terbatas.
Melihat kondisi pasar batu bara saat ini, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) memutuskan untuk menurunkan produksi hingga 10 persen dibanding pencapaian tahun lalu, atau pada kisaran bawah target tahun ini yaitu 54-58 juta ton.
"Penurunan ini utamanya pada jenis batu bara thermal. Adaro akan berfokus untuk mempertahankan marjin yang sehat dan kontinuitas pasokan ke pelanggan," kata Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk, Febriati Nadira, dalam keterangannya, Kamis (30/7).
Pasar Lesu, Adaro Pangkas Produksi Batu Bara hingga 5,8 Juta Ton (638128)
Suasana di area tambang batu bara Adaro, Kalimantan Selatan. Foto: Michael Agustinus/kumparan
Langkah ini sejalan dengan imbauan APBI kepada para produsen batu bara di Indonesia untuk memangkas target produksi. Tujuannya ialah menyeimbangkan kondisi di pasar batu bara yang tertekan akibat pelemahan ekonomi global dan menurunnya kebutuhan listrik industri karena COVID-19.
ADVERTISEMENT
Nadira menambahkan, Adaro juga akan terus mengikuti perkembangan pasar dengan tetap menjalankan kegiatan operasi sesuai rencana di tambang-tambang milik perusahaan.
"Adaro juga akan terus fokus terhadap upaya peningkatan keunggulan operasional, pengendalian biaya dan efisiensi, serta eksekusi strategi demi kelangsungan bisnis dan mempertahankan kinerja yang solid," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white