Bisnis17 Mei 2018 15:10

Pedagang Ini Berani Jual Daging Kerbau Rp 80 Ribu/Kg di Pasar Minggu

Konten Redaksi kumparan
Pedagang Ini Berani Jual Daging Kerbau Rp 80 Ribu/Kg di Pasar Minggu  (337703)
Pedagang Daging di Pasar Minggu (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Harga jual daging kerbau di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, lebih murah dibandingkan pasar lainnya yang sudah menembus Rp 110 ribu/kg. Di Pasar Minggu daging kerbau dijual dengan harga Rp 80 ribu/kg.
ADVERTISEMENT
Satu-satunya pedagang daging kerbau di Pasar Minggu bernama Edi Wibowo mengungkapkan bahwa dia membeli daging kerbau dari distributor seharga Rp 67 ribu/kg. Menurut dia, distributor tersebut mendapatkan pasokan daging kerbau langsung dari Perum Bulog dengan harga Rp 60 ribu/kg.
"Ya kan memang arahan dari pemerintah untuk menjual daging kerbau Rp 80 ribu per kg. Ini memang salah satu cara pemerintah agar harga daging sapi bisa turun," ujarnya kepada kumparan saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (17/5).
Pedagang Ini Berani Jual Daging Kerbau Rp 80 Ribu/Kg di Pasar Minggu  (337704)
Pedagang Daging di Pasar Minggu (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Namun dalam memasarkan daging kerbau di Pasar Minggu, Edi memilih tempat yang tidak bersinggungan langsung dengan pedagang daging sapi segar. Dia mendirikan sebuah tenda kecil di pinggir jalan Pasar Minggu. Di dalam tenda tersebut juga ada 1 freezer berukuran besar. Setiap harinya, Edi menyiapkan 100 kg daging kerbau dengan merek Allana dari India. Edi menyatakan dia menjual daging kerbau di Pasar Minggu sejak H-2 Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Salah satu asisten Edi bernama Novi menambahkan bahwa minat masyarakat di Pasar Minggu membeli daging kerbau beku cukup besar. Dia mencatat rata-rata angka penjualan per hari mencapai 100 kg.
"Waktu 2 hari sebelum puasa 2 kuintal habis setiap harinya. Kalau sekarang sekitar 1 kuintal setiap harinya (1 kuintal= 100 kg)," jelas Novi.
Pedagang Ini Berani Jual Daging Kerbau Rp 80 Ribu/Kg di Pasar Minggu  (337705)
Pedagang Daging di Pasar Minggu (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Asisten lainnya bernama Maman memprediksi angka penjualan daging kerbau semakin meroket menjelang Lebaran. Biasanya jumlah penjualan mencapai 1 ton atau 1.000 kg.
"Nanti H-2 Lebaran bisa sampai 1 ton," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white