kumparan
7 Mei 2019 11:20

Pembangunan Jalur Kereta Bandara Yogyakarta Selesai Tahun Depan

Bandara, Yogyakarta
Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (BUIY) di Kabupaten Kulon Progo akan tersambung langsung oleh akses Kereta Api (KA) langsung menuju Yogyakarta pada tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat mengakses BUIY. Sebab, jarak pusat kota Yogyakarta ke BUIY mencapai 42 km.
"Di 2020 yang jelas kereta api langsung menyambung ke sini," ujarnya saat ditemui di BUIY, Kulon Progo, Selasa (7/5).
Dia menjelaskan, saat ini Angkasa Pura I tengah membangun stasiun KA di dalam BUIY. Menurutnya, Stasiun BUIY tersebut dibangun layang yang akan langsung menyambung dengan Stasiun Wojo, Kulon Progo.
"Kami membangun (jalur KA) di wilayah kita (BUIY), nanti dari PT KAI yang akan membangun wilayah luarnya. Pembangunan sedang jalan," kata Devi.
Dia menambahkan, penumpang BUIY dalam waktu dekat sudah bisa mengakses jalur KA. Untuk sementara, pihaknya akan menyediakan mobil shuttle ‎menuju Stasiun Wojo yang nantinya terdapat kereta menuju Stasiun Tugu.
ADVERTISEMENT
"Yang suka naik kereta ya nanti bisa dari Stasiun Tugu turun di ‎Wojo, naik shuttle sekitar 10 menit masuk ke bandara. Tapi sebelumnya harus lihat jadwal, kereta kan enggak kayak bus," bebernya.
Adapun akses transportasi dari atau menuju BUIY yang tersedia yakni Bus Damri dan Satelqu yang menghubungkan ke Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, hingga Cilacap.