Pentingnya Menentukan Goals saat Memulai Investasi

7 Oktober 2021 11:12
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pentingnya Menentukan Goals saat Memulai Investasi (84810)
zoom-in-whitePerbesar
Syailendra Capital hadirkan YO! Inves, aplikasi reksa dana untuk bantuk raih #GoalsKamu. Foto: Dok. Syailendra Capital
Seiring dengan banyaknya orang yang 'melek' literasi keuangan, tren investasi pun ikut meningkat dan semakin digandrungi. Bahkan, saat ini kita bisa melihat banyak juga kalangan muda seperti milenial dan Gen Z yang tertarik untuk berinvestasi.
Tujuannya bermacam-macam, mulai dari mendapatkan passive income, memperoleh dana untuk mewujudkan mimpi, hingga cara menjamin kestabilan finansial di hari tua. Jadi tak heran, saat mengatur keuangan bulanan, budget untuk investasi pun masuk ke dalam daftar prioritas demi mendapatkan kestabilan finansial di masa depan.
Namun tren ini juga membawa dampak lain, terutama bagi mereka yang sebelumnya awam dengan dunia investasi. Seperti kecenderungan untuk ikut-ikutan berinvestasi tanpa mempelajari produk dan risikonya terlebih dahulu dan nekat menggunakan uang 'panas'. Bukannya untung, risiko kerugian justru mengintai dan dapat mempengaruhi kestabilan finansial.
Karena itu, kita harus mengetahui produk-produk investasi beserta segala risikonya dengan baik. Lalu yang tidak kalah penting lainnya adalah menentukan #GoalsKamu atau tujuan yang hendak dicapai dari investasi tersebut.
Goals merupakan salah satu bentuk #SmarterWayToLiveBetter yang akan menumbuhkan motivasi dan kedisiplinan agar tujuan segera tercapai. Menentukan goals saat mulai berinvestasi nantinya juga akan menuntun kita untuk menemukan strategi dan instrumen investasi yang tepat.
Bukan itu saja, kita juga bisa menentukan jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya bila ingin resign dari pekerjaan dan usaha sendiri dalam kurun lima tahun ke depan, kita bisa memilih investasi jangka pendek reksadana pendapatan tetap (Fixed Income Fund).
Reksa dana pendapatan tetap akan menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Tujuannya untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.
Nah, bila tujuan investasi adalah mempersiapkan bekal finansial di masa tua, sebaiknya pilih investasi jangka panjang, misalnya reksa dana saham yang juga cocok untuk pemula. Memang risikonya relatif lebih tinggi dibanding reksa dana pendapatan tetap, namun memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi.
Masing bingung dan ragu-ragu berinvestasi? Sebagai salah satu perusahaan yang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan tren investasi di Indonesia, Syailendra Capital meluncurkan aplikasi YO! Inves yang hadir untuk mempermudah proses investasi para user secara digital. Memegang prinsip SAFE (Secure, Accurate, Fast, Easy), lewat YO! Inves, Syailendra Capital juga ingin mengenalkan betapa pentingnya membangun mindset Goals based investing, bukan sekadar simple investment seperti menabung saja.
Apalagi YO! Inves juga dibekali teknologi robo-advisory yang akan membantu pengguna memilih jenis produk reksa dana yang paling sesuai dengan tujuan (goals) dan profil risikonya.

Apa lagi fitur-fitur yang disuguhkan YO! Inves?

Bekerja sama dengan kumparan, Syailendra Capital akan menghadirkan Live Talkshow bertajuk "Investasi Anti Basa Basi Langsung Aksi", 11 Oktober 2021, pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan. Talkshow ini akan menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Announcer and Lifestyle Influencer, Cia Wardhana; CEO and CO-Founder Ternak Uang, Raymond Chin; Bachtiar Arief Nugroho selaku Head of Digital Business Unit Syailendra Capital; serta Marketing Communication Syailendra Capital, Shafira Putri Regula.
Pentingnya Menentukan Goals saat Memulai Investasi (84811)
zoom-in-whitePerbesar
Live Talkshow bertajuk "Investasi Anti Basa Basi Langsung Aksi", 11 Oktober 2021, pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan. Foto: kumparan
Selain pembahasan tentang mindset Goals based investing dan pengenalan fitur YO! Inves, Anda juga punya kesempatan untuk menang voucher top-up Reksa Dana dengan total Rp 10 juta Rupiah untuk 40 orang. Berikut mekanismenya:
Mekanisme:
1. Follow akun IG @reksadana.syailendra.
2. Download & install aplikasi YO! Inves di AppStore/PlayStore.
3. Registrasi menggunakan kode marketing: YOINVESTASI & pastikan akun kamu terverifikasi.
4. Beli produk reksa dana apa saja di YO! Inves minimal Rp 50.000.
5. Upload screenshot/selfie dengan menampilkan aplikasi YO! Inves di IG Story & gunakan hashtag #SmarterWayToLiveBetter.
6. Tag @reksadana.syailendra & mention 3 orang teman kamu.
7. Pemenang akan diumumkan di IG @reksadana.syailendra tanggal 18 oktober 2021.
Penentuan pemenang & hadiah:
1. Periode aktivitas berlangsung selama 11-15 Oktober 2021.
2. Berlaku bagi pengguna baru YO! Inves yang memiliki akun IG real dan tidak di-private.
3. Hadiah berupa voucher reksa dana Syailendra Equity Opportunity Fund (SEOF) senilai @Rp250.000 untuk 40 orang pemenang.
4. Voucher reksa dana akan diterima dalam 14 hari kerja bursa terhitung dari tanggal 18 Oktober 2021.
5. Voucher tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.
6. Syailendra dapat membatalkan pemenang jika pemenang tidak dapat dihubungi, terbukti melakukan kecurangan dan/atau tidak mengikuti mekanisme yang ditentukan.
7. Penentuan pemenang merupakan hak PT Syailendra Capital, serta bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Yuk, catat tanggalnya dan ikuti talkshow ini agar lebih siap memulai investasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicatat!
Smarter Way to Live Better with YO! Inves. Jangan lupa juga untuk download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Syailendra Capital
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020